Musik

Melihat Rich Brian Unjuk Gigi Sebagai Rapper Dunia, Bagaimana Prosesnya?

Yudi Anugrah NugrohoYudi Anugrah Nugroho - Rabu, 01 Juni 2022
Melihat Rich Brian Unjuk Gigi Sebagai Rapper Dunia, Bagaimana Prosesnya?
Momen Rich Brian menggemparkan panggung Caochella 2022. (Foto: Instagram @brianimanuel)

TAK ada nama musisi asal Indonesia paling menyita perhatian pada gelaran Coachella 2022, selain Rich Brian dan Niki Zefanya. Dua nama tersebut tentu tak asing di telinga Generasi Z. Keduanya bahkan mencetak sejarah sebagai musisi pertama asal Indonesia berhasil manggung di Coachella.

Khusus Rich Brian, panggung Coachella 2022 menurutnya menjadi dua pekan paling berkesan dalam hidupnya. "Akan aku ceritakan ke cucu-cucuku," kata Rich Brian di akun resmi Instagramnya @brianimanuel.

Baca juga:

Kado Istimewa bbno$ dan Rich Brian untuk Pendengar 'Edamam

Rich Brian merupakan seorang rapper, produser rekaman, dan penulis lagu asal Indonesia. Rapper bernama asli Brian Imanuel tersebut lahir di Jakarta pada 3 September 1999.

Brian tumbuh besar di Jakarta menghabiskan sebagian besar hidupnya saat remaja di dalam rumah, termasuk saat menempuh pendidikan dengan homeshcooling.

Rich Brian
Brian dan Niki menjadi musisi pertama asal Indonesia tampil di Coachella. (Foto: Instagram @brianimanuel)

Brian saat ini memiliki karier sangat gemilang sebagai rapper kelas dunia. Namun, apakah kamu tahu awal kariernya terjadi karena ketidaksengajaan?

Awalnya pada saat umur 11 tahun, Brian mencoba menjelajahi Youtube hanya untuk mencari tutorial bermain rubik. Namun, dari ketidaksengajaannya berselancar di Youtube, hidupnya kelak berubah 180 derajat.

Semenjak itu, ia menjadi kecanduan Youtube dan Twitter. Lalu bertekad untuk memulai membuat video mengikuti tren dan membuat beberapa sketsa komedi gelap untuk mendapatkan basis penggemar.

Dari keasyikannya tersebut, Brian semakin lihai berbahasa Inggris dan memiliki teman-teman dari luar negeri. Pada awalnya, Brian bercita-cita ingin menjadi seorang pembuat film, tapi hal tersebut berubah ketika teman daringnya yang berasal dari Amerika memperkenalkan musik hip-hop.

Rich Brian
Penampilan Rich Brian membuat penonton Coachella 2022 semarak. (Foto: Instagram @brianimanuel)

Dari situlah karier hip-hop-nya dimulai dengan mempelajari budaya musik hip-hop Amerika, hingga pada akhirnya Brian menulis lagu rap pertamanya pada 2014 dan merekamnya di Iphone.

Pada 2015, Brian muncul menggunakan nama Rich Chigga, tapi diubah karena mengandung unsur rasialisme. Ia mulai mengunggah musik video lagu-lagu rap-nya di internet dengan lagu debut di Youtube bertajuk Living the Dream.

Baca juga:

Film Musikal 'Jamojaya' akan Jadi Debut Rich Brian Sebagai Aktor

Setahun kemudian, ia mengeluarkan lagu Dat Stick di Youtube. Lagu tersebut awalnya tidak begitu mendapat perhatian banyak orang. Tetapi pada akhirnya lagu tersebut justru mengangkat nama Rich Brian. Berkat lagu tersebut juga, Rich Brian dikontrak label musik ternama berbasis di Amerika Serikat, 88 Rising.

Dari lagu Dat Stick tersebut, Brian mulai mendapatkan popularitas ditambah dengan rapper-rapper asal Amerika membuat video reaksi terhadap musik videonya.

Brian semakin beroleh ketenaran di panggung dunia ketika memulai tur selama sebulan di Amerika Serikat pada April 2017. Dari situ, Brian mulai 'unjuk gigi' sebagai rapper kelas dunia.

Rich Brian
Rich Brian unjuk gigi sebagai musisi asal Indonesia di panggung dunia. (Foto: Instagram @brianimanuel)

Kini Brian terus mengembangkan bakatnya demi menunjang kariernya sebagai rapper ternama di 'Negeri Paman Sam'. Berkat kerja kerasnya tersebut, selain namanya semakin bersinar, Brian juga turut andil mengharumkan nama Indonesia.

Brian bahkan menunjukkan rasa cinta kepada Indonesia dengan memberikan visual background berupa menara Monas dan menyebutkan nama 'Jakarta, Indonesia' pada saat penampilannya di panggung Coachella.

Meski telah sekitar lima tahun tinggal di Amerika. Brian mengaku tetap rindu Indonesia. Karena spiritnya dalam membuat musik kembali muncul seperti pada umur 15 tahun begitu menginjakkan kaki di Indonesia.

"Motivasinya jadi lebih kuat," kata Rich Brian kepada Najwa Shihab saat tampil di acara Mata Najwa selepas rapper tersebut manggung di Coachella.

Berbicara Cochella, Brian bahkan telah meramalkan suatu saat ia bakal tampil di panggung tersebut. Seperti tertulis pada lirik lagunya Slow Down Turbo, 'You gonna see me at Coachella'. (Ref)

Baca juga:

Kisah Rich Brian, NIKI, dan Warren Hue Terlibat di ‘Shang-Chi’

#Juni +62 Saatnya Unjuk Gigi #Rich Brian #Musik #Rapper
Bagikan
Bagikan