Melihat Lebih Jauh Tampilan dan Spesifikasi iPad Air 4 Terbaru Apple hadirkan iPad Air baru dalam berbagai warna (Foto: engadget)

APPLE pamerkan iPad Air 4 pada acara Time Flies Hari ini, Rabu (9/16). Seperti yang diharapkan, iPad Air memiliki banyak kesamaan dengan iPad Pro.

IPad Air terbaru ini merupakan generasi ke-4, yang menjadi pertengahan antara iPad dan iPad Pro. Internal dan layarnya lebih bagus daripada model sebelumnya. Tahun ini, sepertinya jarak antara iPad Air dan iPad Pro semakin kecil.

Baca juga:

Apple Music Tumbuh Lebih Cepat Ketimbang Spotify

Pertama, model 2020 menggunakan layar 10,9 inci yang sedikit lebih besar. Layar tersebut membentang hampir dari ujung ke ujung di seluruh permukaan iPad. Itu berarti hanya iPad basic dan iPad mini yang mempertahankan desain tablet klasik Apple.

Layar tersebut hanya satu sentuhan lebih kecil dari layar pada iPad Pro 11 inci. Diduga Apple menyimpan penutup ukuran yang sama dengan bezel yang sedikit lebih besar di iPad Air baru.

Ada beberapa perbedaan iPad Air Baru dengan generasi sebelumnya (Foto: engadget)

Seperti yang dilansir dari laman engadget, sensor Touch ID jadul pun telah dihilangkan dari iPad Air baru. Sebagai gantinya ada sensor sidik jari baru yang dimasukkan ke tombol atas.

Baca juga:

App Store Terancam Dilarang di Tiongkok, Apple akan Kehilangan Pasar Besar?

IPad Air merupakan iPad kedua yang menggunakan Pensil Apple generasi kedua, sebuah pembaruan besar dari generasi sebelumnya. Pada iPad Air juga terpasang pengisian daya secara magenetis, seperti halnya di iPad Pro.

iPad Air 4 ini mempunyai kamera lensa tunggal. Apple mengatakan itu merupakan kamera utama yang sama dengan yang ada di iPad Pro, yakni 12 megapiksel shooter dengan bukaan f/1.8. Speakernya pun telah didesain ulang agar menghasilkan audio stereo saat nonton dalam mode landscape.

Untuk pertama kalinya Apple membuat iPad Air dalam lima warna berbeda, termasuk emas, rose, biru, dan hijau. Menariknya, iPad Air dibekali dengan chipset A14, port USB-C yang tepat. Serta konektor cerdas magnetis untuk memasak aksesori magnetis (termasuk magic keyboard).

iPad Air baru dibanderol mulai dari USD599 atau sekitar Rp8,8 juta untuk memori 64GB dan USD 729 atau sekitar Rp10,8 juta untuk memori 64GB dan LTE. Kamu bisa meningkatkan penyimpanan hingga 256 GB di kedua model dengan tambahan USD150 atau sekitar Rp2,2 juta.

iPad Air 4 dikabarkan akan tersedia pada Oktober. Sayangnya Apple belum mengumumkan tanggal rilis pastinya. iPad Air nantinya akan hadir dengan iOS 14. (ryn)

Baca juga:

Apple Menjadi Perusahaan Paling Berharga di Dunia? Ini Alasannya

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH