Melihat Lebih Dekat Motor 'Whitelock Tinker Toy' dengan 48 Silinder

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Sabtu, 03 Juli 2021
Melihat Lebih Dekat Motor 'Whitelock Tinker Toy' dengan 48 Silinder
Sebuah motor bernama Whitelock Tinker Toy memiliki 48 silinder (Foto: odditycentral)

BELUM lama ini sebuah sepeda motor 'spesial' bernama Whitelock Tinker Toy dengan 48 silinder, memecahkan rekor sebagai kendaraan fungsional dengan jumlah silinder terbanyak.

Sepeda motor tersebut dibuat oleh pria asal Inggris bernama Simon Whitelock. Simon dinilai sebagai 'orang gila' yang bertanggung jawab atas keberadaan sepeda motor yang sangat nyentrik dan luar biasa itu.

Baca Juga:

Mengenal Lebih Dekat Sistem PGM-FI Pada Sepeda Motor

Sepeda motor tersebut memiliki basic Kawasaki 250 S1, yang dilengkapi dengan 250 cc 3-silinder yang mampu menyemburkan tenaga 31 hp. Namun, dengan 'tangan dingin' Whitelock, motor tersebut menjelma menjadi sebuah 'monster'.

Simon Whitelock mebuat sebuah motor yang sangat luar biasa dengan 48 silinder (foto: facebook/banhoj sweeden ab)

Jauh dari model originalnya, Whitelock mengubah motor tersebut dengan menyematkan enam arus dari delapan silinder S1 asli, tang dilepas dari 16 mesin sepeda motor S1.

Seluruh silinder yang ada pada motor itu terhubung ke transmisi umum, yang didapat dari sepeda motor BMW. Selain itu, motor ini juga membutuhkan kemampuan lebih dari starter listrik biasa untuk menyalakannya.

"48 silinder lebih sulit untuk dihidupkan daripada mesin sepeda motor konvensional, jadi alih-anlih dengan starter elektronik, kami memutuskan untuk menggunakan apa yang kami sebut 'Mesin keledai, mesin sub-50cc kecil yang dihidupkan, dan untuk menyalakan mesin 48 silinder tersebut," ujar Simon Whitelock, seperti yang dikutip dari laman odditycentral.

Jadi, pada dasarnya, Whitelock Tinker Toy memiliki 16 mesin in-line ditambah mesin ke-17 yang berfungsi sebagai starter.

Baca Juga:

Mengenal WMC250EV, Motor Listrik Tercepat di Dunia

Namun, Kawasaki yang terbilang 'gila' ini tak dibangun secara praktis, efisien dan fungsionalitas dasar. Hal itu lantaran jarak antara setang dan jok yang terlampau jauh. Sulit dipercaya bila ada orang yang bisa mengendarai sepeda motor tersebut.

Selain 'tak bisa dikendarai', jumlah bahan bakar serta oli yang dibutuhkan agar semua mesin untuk bekerja secara optimal pun tidak sedikit.

Motor ini bukan untuk harian, melainkan lebih kepada tentang motor konsep yang 'gila', ketika seorang pencinta sepeda motor merealisasikan idenya yang out of the box.

Awalnya motor tersebut dibuat untuk triples rally 2004, tapi motor roda dua berkapasitas 4,200cc milik Simon Whitelock menjelma menjadi sebuah motor unik yang luar biasa dan menjadi 'artis' di berbagai pameran motor dunia. (Ryn)

Baca Juga:

UBL Uji Coba Kembali Motor Listrik BL-SEV01 di Sirkuit Sentul

#Motor #Viral
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan