Melihat Kekerasan di Rohingya, Ini yang Dilakukan Umat Buddha Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

MerahPutih.com - Ratusan umat Buddha yang berasal dari berbagai vihara di Kota Jambi, menggalang dana untuk kelompok muslim Rohingya yang mendapat serangan oleh pasukan keamanan Pemerintah Myanmar.

Penggalangan dana tersebut merupakan aksi kepedulian dan simpatik untuk ratusan ribu masyarakat di negara bagian Rakhine, Myanmar.

"Umat Buddha Jambi mengecam dan mengutuk tindakan kekerasan Pemerintah Myanmar terhadap masyarakat Rohingya yang tidak sesuai ajaran Buddha untuk cinta semua makhluk di dunia," kata Juru Bicara Persatuan Masyarakat Buddha Jambi Budiharto Setiawan di Jambi, Rabu (6/9).

Aksi kepedulian umat Buddha ini juga dilakukan bersama dengan sejumlah warga yang berasal dari organisasi Aliansi Umat Islam (AUI) Kota Jambi.

"Aksi ini bersama teman-teman dari AUI juga sebagai bentuk toleransi kita bersama yang dengan sadar dan penuh kedamaian berkumpul untuk membantu saudara kita di Rohingya yang sedang mengalami penderitaan," kata dia.

Pada kesempatan itu, umat Buddha Jambi juga menyerukan pernyataan yang dengan tegas mengecam segala bentuk kekerasan kemanusiaan yang dilakukan Pemerintah Myanmar terhadap saudara kita etnis Rohingya.

"Karena sesungguhnya ajaran dasar Buddha adalah menentang pembunuhan dan penganiayaan terharap semua makhluk hidup di dunia, apalagi terhadap sesama manusia," katanya.

Selain itu, Budiharto juga menyatakan dukungan terhadap sikap pemerintah Indonesia dalam upaya diplomasi untuk menyelesaikan konflik tersebut.

Pihaknya juga mengajak seluruh umat Buddha di seluruh Indonesia untuk turut berperan aktif dengan memberikan bantuan dalam bentuk moril maupun materil kepada muslim Rohingya yang sedang mengalami krisis kemanusiaan.

"Mari bahu-membahu melakukan penggalangan dana dengan rasa kebersamaan dan mendoakan untuk saudara kita di Rakhine Myanmar," tandasnya. (*)

Sumber: ANTARA


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH