Relasi
Melihat Foto Pasangan dapat Tingkatkan Kualitas Pernikahan Melihat foto pasangan meningkatkan keterikatan, gairah, dan kepuasan pernikahan. (Foto: freepik/vanitjan)

PASANGAN yang sudah menikah dapat terpisah dari waktu ke waktu, baik secara fisik maupun emosional, yang berdampak buruk pada kualitas hubungan relasional. Memang, konseling dan terapi perkawinan adalah industri yang kuat dan berkembang pesat. Namun menurut penelitian, ada cara untuk meningkatkan perasaan cinta dan ikatan pernikahan yang jauh lebih mudah, lebih murah, dan bahkan mungkin lebih efektif.

Tidak ada orang yang memiliki pasangan yang sempurna. Namun ternyata, melihat foto mereka dapat meningkatkan penilaian tentang kedekatanmu berdua. Sandra J.E. Langeslag dan Kruti Surti (2022) mempelajari dampak dari “motivasi perhatian” pada pasangan, dan peningkatan perasaan cinta dan ikatan pernikahan.

Baca Juga:

Menurut Sains Begini Meningkatkan Kebahagiaan

foto
Foto di kontak ponsel membuat kamu melihat pasangan setiap dia menelepon. (Foto: freepik/Lifestylememory)

Mereka menguji dampak penilaian kembali positif dari pasangan, serta mengatur emosi positif yang tidak terkoneksi dengan pasangan, pada peningkatan keterikatan dan gairah pada pasangan, kepuasan pernikahan, dan perhatian yang termotivasi pada pasangan.

Langeslag dan Surti menemukan bahwa melihat gambar pasangan meningkatkan keterikatan, gairah, dan kepuasan pernikahan dibandingkan dengan melihat gambar yang menyenangkan atau netral.

Mereka juga menemukan bahwa memikirkan aspek positif dari pasangan mereka dan meningkatkan emosi positif yang tidak terkait dengan pasangan tidak meningkatkan keterikatan, gairah, atau kepuasan pernikahan. Perhatian yang termotivasi paling tinggi saat melihat gambar pasangan, dibandingkan dengan melihat gambar yang menyenangkan atau netral.

Berdasarkan hal tersebut, Langeslag dan Surti menyimpulkan bahwa melihat foto pasangan adalah strategi mudah yang berpotensi digunakan untuk menstabilkan pernikahan di mana pasangan mengalami penurunan perasaan cinta dari waktu ke waktu.

Baca Juga:

Bagaimana Membangun Kekuatan Mental

Nilai sebuah foto

foto
Strategi ini rupanya tanpa disadari digunakan oleh sejumlah orang di seluruh dunia. (Foto: freepik/vanitjan)

Langeslag dan Surti menyarankan penelitian mereka menunjukkan bahwa strategi sederhana hanya dengan melihat foto pasangan mereka dapat membuat pasangan merasa lebih cinta dengan pasangan mereka dan lebih puas dengan pernikahan mereka.

"Strategi ini rupanya tanpa disadari digunakan oleh sejumlah orang di seluruh dunia yang menyimpan foto keluarga di meja mereka atau pengguna media sosial yang menggunakan foto pasangannya sebagai Avatar," ujar pakar analis perilaku Wendy L Patrick, JD, PhD, yang menulis buku 'Red Flags'.

Dia menambahkan, meskipun sebenarnya melihat foto-foto secara langsunglah yang membuat perbedaan, peluang itu tetap ada.

"Seseorang yang menyimpan foto pasangannya sebagai bagian dari kontak di ponselnya akan melihat foto pasangannya beberapa kali sehari saat mereka menelepon," ujarnya dalam artikel Psychology Today.

Menurutnya, pasangan yang menyimpan foto keluarga di rumah juga menciptakan lingkungan yang tampaknya kondusif sebagai pengingat satu sama lain tentang aspek positif dari pernikahan mereka.

"Banyak pasangan ingin memiliki foto orang tercinta yang dapat mereka lihat tanpa menyadari manfaat lain yang dapat diperolehnya," ujar Patrick.

Tentunya, untuk menyelamatkan pernikahan yang sudah di ujung tanduk diperlukan banyak usaha lain. Dan, jika kamu dan pasangan sudah terseret jauh di jalan yang salah atau dalam pergolakan pertengkaran, melihat fotonya hanya akan mengipasi bara kebencian yang sudah muncul.

"Selain menggunakan isyarat visual sebagai pengingat cinta yang kamu miliki untuk pasangan, tidak ada salahnya juga merenungkan atribut positif yang dibawa pasangan ke dalam hubungan," dia menyarankan.

"Berkonsentrasi pada karakter dan perilaku konstruktif pasangan, alih-alih kesalahan dan kekurangan mereka, dapat meningkatkan suasana hati, yang pada gilirannya berpotensi meningkatkan kualitas pernikahan," demikian Wendy L Patrick. (aru)

Baca Juga:

Mengenal Lebih Jauh Gangguan Parasomnia

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tips Kenyang saat Sahur Biar Puasa Tetap Lancar
Fun
Tips Kenyang saat Sahur Biar Puasa Tetap Lancar

Makanan saat sahur memengaruhi aktivitasmu seharian.

Xenoblade Chronicles 3 Percepat Perilisan ke Juli 2022
Fun
Xenoblade Chronicles 3 Percepat Perilisan ke Juli 2022

Gamer dapat menikmati game tersebut dengan cepat di awal kuartal ketiga tahun ini.

EVOS Luna Siap Ramaikan Industri Esports
Fun
EVOS Luna Siap Ramaikan Industri Esports

EVOS Luna sudah beranggotakan empat orang talenta muda.

Doctor Strange Ngaku bukan Bagian dari Avengers
ShowBiz
Doctor Strange Ngaku bukan Bagian dari Avengers

Belum menghasilkan induksi bahwa ia telah menjadi anggota Avengers.

'Metal: Hellsinger' Rilis Trailer Gameplay Terbaru
Fun
'Metal: Hellsinger' Rilis Trailer Gameplay Terbaru

Pemain bisa melakukan aksi tembak-menembak dengan penuh gaya.

Dimainkan Ribuan Jam, Nintendo Switch OLED Alami Burn-In
Fun
Dimainkan Ribuan Jam, Nintendo Switch OLED Alami Burn-In

Diuji salah seorang content creator bernama Bob Wulff.

Luar Biasa, Mahasiswa Disabilitas Netra Ini Berhasil Meraih Beasiswa Dari 8 Negara
Fun
Luar Biasa, Mahasiswa Disabilitas Netra Ini Berhasil Meraih Beasiswa Dari 8 Negara

Mahasiwa asal Indonesia ini mendapatkan beasiswa dari 8 negara bersama keterbatasannya.

Elon Musk Tidak Tertarik dengan Teknologi Metaverse dan Web3
Fun
Elon Musk Tidak Tertarik dengan Teknologi Metaverse dan Web3

Bagi Musk tidak ada hal menarik pada Metaverse dan Web3.

Belanja Iklan di Semester Pertama 2022 Mengalami Peningkatan
Fun
Belanja Iklan di Semester Pertama 2022 Mengalami Peningkatan

Data tersebut berdasarkan pemonitoran dari beberapa media.