Melewatkan Sarapan bikin Rentan Sakit Jangan lewatkan sarapan agar penyakit tak menghampiri. (foto: pixabay/fre-photos)

PAGI hari sebenarnya menjadi waktu yang krusial buat kamu menyiapkan seluruh hari. Sejak bangun pagi hingga berangkat beraktivitas, kamu tentunya membutuhkan energi.

Namun, dengan alasan tidak sempat atau terlslu sibuk, kamu memilih melewatkan sarapan dan berpikir mengompensasinya dengan makan siang besar. Eits, pola makan seperti itu rupanya berdampak amat buruk bagi kesehatan lho.

BACA JUGA: Menurunkan Berat Badan ala 'Predator', Ketahui Fakta Diet Karnivora

Pola makan yang salah membuat kamu tidak berenergi, lemas, lesu, dan gampang sakit. Bahkan, melewatkan sarapan pagi saja susah membuat kamu berisiko terkena penyakit berikut ini.


1. Siklus Menstruasi Tidak Teratur

woman
Siklus menstruasi jadi tak teratur. (foto: medicalnewstoday)

Sarapan pagi seharusnya wajib bagi para perempuan. Hal itu disebabkan para perempuan yang melewatkan sarapanmemiliki jadwal menstruasi yang kacau. Selain itu, beberapa gangguan menstruasi seperti rasa sakit/nyeri dan darah keluar tidak lancar juga bisa terjadi.


2. Menyebabkan Gula Darah Rendah

woman
Hipoglikemia bikin kamu pusing. (foto: pixabay/geralt)

Melewatkan sarapan membuat kamu mudah terserang penyakit hipoglikemia atau gula darah rendah. Hal itu dapat menyebabkan kamumerasakan gejala fisik seperti lemas, pusing, dan detak jantung meningkat.


3. Obesitas

diet
Enggak sarapan bikin diet batal. (foto: pixabay/gadini)

Kebiasaan tidak sarapan akan membuat porsi makan siang lebih besar. Hal itu akan menyebabkan kamu terserang obesitas. Penyebabnya tak lain ialah pola pikir merapel sarapan dengan makan siang. Belum lagi camilan yang kamu makan di sela jam sarapan dan makan siang.


4. Kram Perut (Irritable Bowel Syndrome)

abdominal pain
Mudah terkena irritable bowel syndrome. (foto: pixabay/derneumann)

Jika berpikir bahwa melewatkan sarapan akan membantu kita untuk menurunkan berat badan, itu salah. Pola makan yang tidak teratur bisa menyebabkan penyakit irritable bowel syndrome. Penyakit itu mengakibatkan gejala sakit lambung seperti kram perut, sembelit, dan kembung.


5. Radang Lambung

white
Kamu bisa kena radang lambung.(foto: pixabay/stocksnap)

Selain kram perut, penyakit radang lambung juga bisa menyerang jika pola makan kamu tidak teratur. Lambung mengalami iritasi yang ditimbulkan cairan lambung pada mukosanya. Hal itu akan menyebabkan nyeri hingga ke ulu hati setelah makan.

Jadi mulai sekarang, sempatkanlah untuk sarapan tiap pagi agar tubuhmu bertenaga dan terhindar dari penyakit.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH