Melepas Kerinduan Wisata Religi Sembari Mudik Lebaran

Yudi Anugrah NugrohoYudi Anugrah Nugroho - Sabtu, 30 April 2022
Melepas Kerinduan Wisata Religi Sembari Mudik Lebaran
Dua pengunjung berpose di depan Masjid Kubah Emas. (Unsplash-Ammar Andiko)

RAMADAN sebentar lagi berakhir. Warga +62 sibuk mudik bahkan sudah sejak dua hari lalu terjebak macet di perjalanan. Melandainya pandemi membuat Warga +62 kembali bisa pulang kampung. Kondisi tersebut tentu jauh berbeda dengan Ramadan dua tahun silam saat pemerintah melarang masyarakat mudik Lebaran.

Kini, semarak mudik Lebaran kembali hadir. Di tengah perjalan mudik, jika tak terlalu buru-buru, bisa sedikit melepas lelah sambil mengisi spiritual lewat wisata religi di sepanjang jalur mengarah kampung halaman.

Baca juga:

Ini Penjelasan Mengapa Ukuran Ban Depan dan Belakang Sepeda Motor Berbeda

Sebelum pandemi, banyak orang menyinghahi pelbagai tempat dipercaya sebagai bagian sejarah penyebaran Islam di Nusantara.

Salah satunya, menziarahi makan Sunan Gunung Jati. Sunan Gunung Jati merupakan tokoh penyebar Islam di daerah Cirebon.

Makam Sunan Gunung Jati terletak di JL. Alun-alun Ciledug No.53, Astana, Kec. Gunungjati, Kabupaten Cirebon, Jawa barat.

Wisata religi
Wisata religi mulai banyak diminati lagi setelah pandemi melandai. (Unsplash-Rizki Yulian)

Selain menziarahi makam Sunan Gunung Jati, para peziarah juga mengunjungi makam Sunan Kalijaga.

Sunan Kalijaga (Susuhunan Kalijaga) merupakan salah seorang Walisongo. Makamnya berada di Kadilangu, Demak. Di makam kedua wali tersebut, para peziarah biasa berdoa lalu melafalkan ayat-ayat suci. Pada bulan-bulan tertentu apalagi Ramadan, biasanya para peziarah berjubel memadati area pemakaman. Mereka datang dari penjuru negeri. Tak jarang pelakon wisata religi tersebut datang berombongan.

Baca juga:

Ban Hanya Bisa Ditambal Dua Kali

Selain mengujungi makam para wali, pelakon wisata religi akan mengunjungi masjid-masjid bersejarah. Salah satunya Masjid Kudus. Masjid dengan arsitektur unik perpaduan Hindu-Jawa dengan Islam tersebut juga jadi magnet para pelakon wisata religi.

Selain Masjid Kudus, ada dua masjid lagi juga jadi incaran para rombongan wisata religi, antara lain Masjid Kubah Emas Dan juga Masjid Pintu Seribu.

Wisata religi
Satu keluarga berpose di depan Masjid Kubah Emas. (Unsplash-Setie Ruhdi Koara)


Masjid Kubah Emas diklaim sebagai masjid termegah di Asia Tenggara. Masjid ini selalu ramai dikunjungi, baik untuk ibadah hingga wisata religi. Bukan tanpa alasan Masjid Kubah Emas Depok diklaim sebagai masjid paling megah di ASEAN, pasalnya masjid ini memiliki lima kubah utama dan empat kubah kecil terbuat dari emas.

Sedangkan Masjid Pintu Seribu berada di Kota Tangerang, Banten. Masjid ini merupakan salah satu pusat penyebaran agama Islam di ujung barat Pulau Jawa. Di bulan Ramadan banyak pengunjung sekadar ingin beribadah juga menikmati ragam cerita serta kemegahan masjid.

Nah, di pengujung Ramadan, selagi mudik, tak ada ruginya jika ada waktu senggang mampir ke pelbagai lokasi wisata religi tersebut. (Ref)

Baca juga:

Kenali Penyebab dan Cara Mencegah Ban Mobil Kempis Sendiri

#Wisata #Wisata Religi #April Tematik +62 Bicara Kangen
Bagikan
Bagikan