Melatih Otak Menajamkan Jiwa Melatih otak sangat disarankan! (Foto: Unsplash/Ryoji Iwata)

TAK ada kata henti untuk melatih otak, Manfaatnya tentunya untuk meningkatkan daya ingat, fokus, atau fungsi sehari-hari. Apalagi buat mereka yang usianya sudah tidak muda lagi.

Berikut adalah beberapa latihan yang menawarkan manfaat terbaik untuk meningkatkan otak, dilansir dari healthline.


1. Puzzle

otak
Memberikan manfaat kognitif. (Foto: Unsplash/Gabriel Crismariu)


ResearchTrusted Source menunjukkan bahwa menyelesaikan puzzle memberikan manfaat kemampuan kognitif dan menjadi pelindung penuaan kognitif visuospatial. Dengan menyusun puzzle, kamu harus melihat potongan yang berbeda dan mencocokan dengan gambar yang lebih besar. Mengingat potongan-potongan yang berbeda dan menempatkannya pada tempat yang cocok menjadi tantangan tersendiri. Ini bisa menjadi cara yang menantang dan melatih otak.


2. Musik

otak
Mendengarkan atau bermain musik cara baik melatih otak. (Foto: Pexels/Pixabay)


Menurut studi yang dilakukan oleh Trusted Source di tahun 2017, mendengarkan lagu-lagu bahagia membantu menghasilkan solusi yang lebih inovatif dibandingkan dengan diam. Artinya, dengan mengolah beberapa musik yang enak dapat membantu meningkatkan daya pikir dan daya otak.

Dengan belajar cara bermain musik, otak mampu mempelajari keterampilan baru di setiap titik dalam kehidupan. Itu sebabnya tidak pernah ada kata telat atau terlalu tua untuk mulai memainkan alat musik seperti piano, gitar bahkan drum.


3. Rute baru

otak
Mengubah rute rutin ke rute baru dapat mengubah cara berpikir kamu. (Foto: Pexels/Tobi)


Alih-alih terjebak dalam rutinitas saat melakukan tugas sehari-hari kamu. cobalah cara-cara baru untuk melakukannya. Disarankan untuk memilih rute yang berbeda saat berangkat bekerja setiap minggu atau mencoba moda transportasi yang berbeda. Seperti bersepeda atau menggunakan angkutan umum. Otak dapat mengambil manfaat dari perubahan sederhana ini, dan kamu mungkin akan dikagetkan dengan betapa mudahnya mengubah pemikiran kamu

Baca Juga:

Dilema Work From Home Di Tengah Isu Corona

4. Indera

otak
Indera tubuh mampu membantu memperkuat otak. (Foto: Pexels/mentatdgt)


Menggunakan semua indera dapat membantu memperkuat otak kamu. Untuk melatih indera dan otak, cobalah melakukan aktivitas yang secara bersamaan melibatkan kelima indera. Kamu bisa mencoba memanggang kue, mengunjungi pasar, atau mencoba restoran baru sambil mencium, menyentuh, mencicipi, melihat, dan mendengar semua pada saat yang sama.


5. Keterampilan baru

otak
Mempelajari keterampilan baru akan meningkatkan fungsi otak. (Foto: Pexels/Shane Albuquerque)


Mempelajari keterampilan baru tidak hanya menyenangkan dan menarik, tetapi juga dapat membantu memperkuat koneksi di otak. Mempelajari keterampilan baru dapat membantu meningkatkan fungsi memori pada orang dewasa yang lebih tua. (lgi)


Baca Juga:

Ini Manfaat Punya Hewan Peliharaan

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH