Melatih Anjing Jangan Bikin Bingung Anjing American Akita (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

ANJING peliharaan kamu masih susah patuh? Boleh jadi karena cara melatihnya salah. Untuk melatih ketangkasan anjing tidak bisa sembarangan. Apalagi sampai membuat anjing bingung. Apa maksudnya?

Dog Trainer Agus Santoso mengatakan anjing bisa bingung jika dilatih secara berulang. Misalnya saat memerintahkan anjing untuk duduk. Cukup katakan sekali. Jika anjing belum merespon, biarkan saja. "Perintah jangan diulang, mereka (anjing) malah bingung," ungkapnya kepada merahputih.com di Kennel Von Haus JHL, Cisarua, Bogor, belum lama ini.

Baca juga:

Mengulas Salah Satu Anjing Termahal di Von Haus JHL, Harganya Miliaran Rupiah!

Dog Trainer yang bermarkas di Bandung ini menyarankan untuk memanfaatkan makanan anjing saat melatihnya. Genggam makanan anjing saat menyuruhnya duduk. Angkat tangan kamu ke atas, maka anjing akan mencoba meraih makanan tersebut sambil duduk. "Kasih secuil (makanan anjing) aja, dia nurut kita kasih reward dengan makanan itu," tambahnya.

Beri anjing reward saat melatihnya (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

Lalu umur berapa anjing sudah mulai bisa dilatih? Menurut Agus, mulailah melatih anjing sejak dini. Tepatnya saat hewan kesayanganmu itu memasuki usia tiga bulan. Pada usia tersebut anjing lebih mudah untuk menurut.

Jadwal melatih anjing juga tidak perlu terlalu ketat. Cukup melatih anjing dua kali seminggu. Setiap sesi latihannya maksimal hanya satu jam. Lebih dari itu, anjing akan merasa bosan.

Baca juga:

Gathering Pencinta American Akita di Von Haus JHL

Latih anjing sejak dini (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

Agus mengatakan waktu satu jam latihan anjing itu tidak perlu digunakan sepenuhnya. Latih anjing dengan pola waktu setiap lima menit istirahat. "Misalnya melatih sit (duduk). Setelah lima menit latihan sit masukan anjing ke kandang. Istirahat dulu lalu mulai lagi," ungkap pria yang sudah 10 tahun menjadi Dog Trainer itu.

Banyak latihan yang bisa kamu lakukan dengan anjing kamu. Selain sit, (duduk), kamu bisa menyuruhnya come (datang menghampirimu), memanggil namanya, atau stand (berdiri). Lalu latihan apa yang harus kamu mulai lebih dulu? Mulailah melatih anjing dengan memanggil namanya.

"Pemilik pasti senang kalau anjing datang menghampiri dengan memanggil namanya," tukas Agus. (ikh)

Baca juga:

Von Haus JHL, Salah Satu Kennel Anjing American Akita Terbesar di Asia Tenggara

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH