Melancong ke Luar Negeri? Temukan Cita Rasa Khas Indonesia di 5 Restoran ini Berbagai kuliner Indonesia juga bisa lo kamu temukan di luar negeri (Foto: Instagram @fluffylamb.perth)

JIKA melancong ke luar negeri, apalagi dalam waktu yang lama. Biasanya kita merasa kangen dengan masakan Indonesia. Meskipun banyak pilihan kuliner khas negara lain, tapi tetap saja lidah seakan rasanya sulit beradaptasi, ujung-ujungnya jadi rindu dengan makanan khas Indonesia.

Terlebih lagi, jika kamu yang memang sedang merantau di luar negeri untuk kerja maupun melanjutkan pendidikan. Pasti berat rasanya kalau sudah kangen dengan cita rasa khas masakan Indonesia.

Tapi, tenang aja. Sekarang ini, sudah banyak restoran yang menjual makanan khas Indonesia di luar negeri. Biasanya yang membuka restoran tersebut juga orang Indonesia. Jadi, kamu tidak perlu meragukan lagi soal rasanya, pasti Indonesia banget rasanya. Yuk, Catat restoran Indonesia yang ada di luar negeri berikut ini:

1. Jepang

Melancong ke Luar Negeri? Temukan Cita Rasa Khas Indonesia di 5 Restoran ini
Sate jadi salah satu menu yang ada di restoran Cabe Meguro (foto: halalmedia.jp)


Nah, Kalau di Jepang kamu wajib kunjungi Indonesian Restaurant Cabe Meguro. Selain karena makanan yang dijualnya berupa masakan yang memakai cabai dan bumbu pedas lain khas Indonesia, pendirinya ternyata didirikan oleh warga asli Jepang, Masaki Ohira.

Di sini kamu bisa menemukan berbagai menu khas Indonesia seperti Ayam goreng bumbu rujak, sambal goreng, sambal petis, Gulai cumi, hingga Kolak.

Bagi warga Indonesia yang muslim, tenang saja, karena restoran ini sudah ada sertifikat halalnya, lo.

2. Korea

Melancong ke Luar Negeri? Temukan Cita Rasa Khas Indonesia di 5 Restoran ini
Letaknya di pusat kota Seoul (foto: dagelan.co)


Padahal di Indonesia sendiri menjamur restoran Korea hingga tak terhitung. Tapi, di Negeri Ginseng ini bakal susah banget bagi kamu buat nyari restoran Indonesia di sana.

Salah satu restoran yang terkenal di negeri ginseng sana adalah Warung Barokah. Di sini kamu bisa menemukan berbagai makanan khas Indonesia seperti Nasi Goreng, Rendang, Sate, Gado-gado, dan lainnya.

Terlebih lagi karena lokasinya terletak di pusat kota Seoul, restoran ini selalu ramai dengan orang-orang Indonesia yang tinggal di Seoul.

3. Amerika

Melancong ke Luar Negeri? Temukan Cita Rasa Khas Indonesia di 5 Restoran ini
Menjual makanan khas Sumatra (Foto: ms.yelp.my)


Kalau kamu lagi di negeri Paman Sam, wajib mengunjungi Sky Cafe yang terletak di wilayah Queens, New York, Amerika.

Di sini kamu bisa menemukan menu makanan rumahan khas Sumatra, seperti es sekoteng Medan, Lontong Sayur, Rendang, Mie ayam Komplit, hingga Pempek.

Sky Cafe juga terkenal dengan kue kering nastar dan lapis legitnya.

4. Australia

Melancong ke Luar Negeri? Temukan Cita Rasa Khas Indonesia di 5 Restoran ini
Masakan rendang di Fluffy Lamb (Foto: Instagram @fluffylamb.perth)


Negara yang satu ini termasuk yang sering di kunjungi oleh warga Indonesia. Makanya, tak heran di sana juga banyak restoran yang menjual masakan khas Indonesia.

Salah satunya Fluffy Lamb. Berlokasi di Fremantle Market, Perth, kamu bisa menemukan berbagai street food khas Indonesia.

Seperti variasi sate dan hindangan berbahan daging lainnya. Selain itu, Fluffy Lamb juga sudah bekerja sama dengan Kementrian Pariwisata untuk mempromosikan kekayaan kuliner Nusantara.

5. Jerman

Melancong ke Luar Negeri? Temukan Cita Rasa Khas Indonesia di 5 Restoran ini
Wajib dikunjungi nih kata banyak pelancong Indonesia (Foto: Tripadvisor.co.uk)


Kalau ke Jerman wajib banget kunjungi restoran Nusantara yang terletak di Berlin. Karena di sana menjual berbagai makanan khas Indonesia, seperti Tempet mendoan, Rendang, Nasi Goreng, Soto dan Pempek.

Bukan hanya makanan dengan cita rasa khas Indonesia yang bisa kamu temukan di sini, begitupun minuman. diantaranya yakni kopi tubruk, susu jahe, wedang ronde, dan beras kencur.

Tidak sulit untuk menemukan tempat ini, karena lokasinya strategis dan cukup mudah untuk dijangkau dengan transportasi umum.

Bagi pelancong Indonesia di Jerman tempat ini salah satu yang wajib dikunjungi, meskipun terdapat restoran dengan menu khas Indonesia lain, restoran Nusantara di Ibu Kota Jerman ini masih yang jadi terbaik. (ver)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH