Melancong Ke Kota Ini Tidak Perlu Bawa Uang Tunai Stockholm (Foto: Pexels/Nadine Wuchenauer)

TIDAK perlu repot-repot lagi bawa uang tunai jika kamu melancong ke kota ini. Dalam beberapa tahun ke depan. Tepatnya pada tahun 2023. Bertransaksi keuangan di Swedia tidak lagi menggunakan uang tunai alias cashless. Melainkan menggunakan uang elektronik.

Melansir Smarter Travel, semua transaksi nantinya akan berbentuk uang digital. Seperti transfer digital, sinyal RFID, transfer via ponsel pintar dan sejenisnya. Transaksi tanpa uang tunai diperkirakan akan dimulai di ibukota Swedia, Stockholm.

Baca juga:

Aman, ini 4 Kota yang Bisa Dikunjungi Di Meksiko

Namun, agaknya transaksi cashless masih sulit diwujudkan bagi negara lain. Contohnya seperti di wilayah Amerika utara. Ada banyak hambatan untuk mewujudkan transaksi cashless. Di AS misalnya badan hukum sudah menetapkan semua transaksi pembayaran harus berupa uang tunai.

Seoul juga akan menerapkan transaksi cashless (Foto: Pexels/Pixabay)

Bahkan untuk mendukung undang-undang tersebut. Beberapa kota di AS sudah mengeluarkan peraturan untuk semua perusahaan ritel tidak memiliki uang tunai. Tapi hal tersebut wajar saja. Karena rata-rata penduduk di kota-kota AS itu sebenarnya tidak memiliki sumber daya digital. Seperti rekening bank dan kartu kredit.

Meskipun Stockholm diperkirakan akan menjadi kota pertama yang mewujudkan transaksi cashless. Kota lain seperti Seoul, Singapura, Reykjavik serta kota-kota besar di Tiongkok juga akan menyusul mewujudkan transaksi cashless.

Baca juga:

20 Kota Teraman Di Dunia, Pelancong Tidak Perlu Takut Ketemu Penjahat

Transaksi cashless memberikan keuntungan (Foto: Pexels/Pixabay)

Swedia sendiri sudah memiliki undang-undang yang memungkinkan pengecer memiliki kebijakan tanpa uang tunai. Undang-undang ini lebih diutamakan dibandingkan hukum perbankan yang menjadikan yang tunai sebagai alat pembayaran sah.

Transaksi cashless diharapkan akan memberikan kenyamanan pelanggan maupun biaya eceran. Sebab, menangani uang tunai dapat menjadi beban bagi pedagang, meningkatkan risiko keamanan, dan memperlambat transaksi. Insentif seperti itu tidak akan hilang.

Sebagai pelancong, pergi tanpa uang tunai juga membebaskan kamu dari beban mendapatkan uang tunai ATM tanpa membayar biaya per transaksi. Baik dengan kartu kredit atau kartu debit, kerugian pertukaran kamu dibatasi sekitar 3%. (ikh)

Baca juga:

4 Bandara Paling Ngeri di Dunia, Nomor 3 Bisa Bikin Jantung Penumpang Copot!

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH