Kesehatan

Melancong Jangan Lupa Menyantap Camilan Buah Berprotein Tinggi

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Selasa, 16 Oktober 2018
Melancong Jangan Lupa Menyantap Camilan Buah Berprotein Tinggi
Camilan buah penting untuk menjaga kebugaran tubuh selama melancong (Foto: Pexels/Pixabay)

MELANCONG jangan cuma berwisata kuliner. Kamu harus tetap mengonsumsi makanan bergizi. Karena tubuh kamu membutuhkan kandungan nutrisi yang tinggi. Badan pun akan sehat dan bugar. Kegiatan melancong kamu juga bisa berjalan lancar.

Nah, jadi bagaimana sih supaya kamu tetap mendapatkan asupan bergizi saat melancong? Jawabannya gampang. Cukup membawa camilan buah yang mengandung protein tinggi. Karena kandungan protein berperan penting dalam pembentukan kuku dan rambut, otot, enzim, hormon, tulang, kulit, dan darah.

Membawa buah pun tidak akan merepotkan. Kamu bisa membawanya menggunakan kotak makanan kecil atau kantung plastik. Bahkan di perjalanan pun tidak akan sulit menemukan penjual buah. Nah, buah apa saja sih yang harus kamu konsumsi selama melancong? Menurut laman Go Dok, ini beberapa buah yang direkomendasikan.

1. Jambu

Kandungan fiber dan vitamin C terkandung pada jambu biji (Foto: Pexels/Miguel A. Padrinan)

Selain mengandung protein, jambu memiliki kandungan fiber dan nutrisi termasuk vitamin C. Buah yang satu ini wajib untuk dijadikan asupan harian. Kamu juga bisamengonsumsi jambu dengan mengolahnya menjadi jus, rujak, maupun smoothie.

2. Tomat

Tomat enak dijadikan bahan sup (Foto: Pexels/Miguel A. Padrinan)

Kamu bisa mendapatkan kandungan protein dari tomat. Mengonsumsinya juga enak loh, bisa dijadikan bahan sup. Tomat juga mengandung Vitamin A yang tinggi, baik untuk kesehatan mata kamu.

3. Apokat

Lemak pada apokat mengenyangkan perut (Foto: Pexels/Foodie Factor)

Apokat mengandung empat gram protein. Oleh karena itu bisa dibilang apokat ialah buah dengan kandungan protein tertinggi di antara buah lainnya. Selain itu pada apokat terdapat kandungan lemak yang bermanfaat untuk kesehatan lambung. Setelah mengonsumsi apokat perut kamu pun akan terasa kenyang lebih lama.

4. Nangka

Kandungan potasium pada nangka dapat memenuhi kebutuhan potasium harian (Foto: Pixabay/naturepost)

Protein, fiber, dan vitamin C, semuanya terkandung dalam nangka. Pada nangka ada kandungan potasium yang tidak kalah pentingnya untuk kesehatan tubuh kamu. Kandungan potasium pada nangka dapat memenuhi kebutuhan potasium harian.

5. Aprikot

Aprikot mengandung anti oksidan untuk melindungi kulit dari kerusakan (Foto: Pexels/Tookapic)

Buah yang satu ini memang kurang familiar di telinga orang Indonesia. Namun, jangan tanyakan kandungannya. Ada vitamin A dan C yang berfungsi sebagai anti oksidan untuk melindungi kulit dari kerusakan.

6. Kiwi

Kiwi cocok di lidah orang Indonesia (Foto: Pexels/PhotoMIX Ltd.)

Rasa kiwi sangat cocok di lidah orang Indonesia. Rasanya asam tapi ada manisnya juga. Cukup untuk mendapatkan asupan protein dari buah kiwi. Ditambah, kiwi juga mengandung VItamin C,E, dan K yang sangat baik untuk kesehatan.

7. Blackberry

Satu cangkir blackberry cukup untuk tambahan dua gram protein (Foto: Pexels/Ir Solyanaya)

Asupan dua gram protein tambahan dapat didapatkan dengan cara mengkonsumsi satu cangkir blackberry. Kandungan lain yang baik dari buah ini adalah vitamin C, vitamin E, vitamin K kalsium, dan juga folat.

8. Pisang

Pisang dapat membantu melancarkan pencernaan lebih baik (Foto: Pexels/Juan Salamanca)

Pisang juga memiliki kandungan potasium yang bisa melancarkan pencernaan dan menjaga tekanan darah. Kamu bisa mendapatkan tambahan 1,3 gram asupan protein dengan mengonsumsi pisang dalam jumlah cukup.

Sahabat Merah Putih, sudah tahu kan buah apa saja yang kamu butuhkan untuk kebutuhan protein harian? Jangan lupa bawa buah-buah tadi saat melancong ya. (ikh)

Baca juga: Jangan Lewatkan Berenang saat Melancong, ini Alasannya

Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan