Melancong Berminggu-Minggu? Jangan Lupa Persiapkan Hal Ini Persiapkan beberapa hal jika ingin melancong berminggu-minggu (Foto: Pexels/i love simple beyond)

BERAPA hari kamu akan melancong? Biar puas tentu kamu bisa melancong berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Tunggu dulu, jika memang ingin pergi dalam waktu lama, kamu harus memiliki beberapa persiapan. Jangan asal melancong saja tapi tidak memikirkan keadaan di rumah.

Nah, seperti yang dilansir dari Travel+Leisure sebaiknya perhatikan hal ini sebelum melancong dalam waktu lama.

1. Hubungi operator seluler

Minta arahan dari operator untuk mendapatkan layanan komunikasi yang bersahabat (Foto: Pixabay/geralt)

Jika memang ingin melancong ke luar negeri sebaiknya hubungi operator layanan nomor seluler kamu. Fungsinya agar operator seluler kamu dapat mengatur paket termurah untuk melakukan panggilan, mengirim pesan teks, dan mengakses Internet dari ponsel pintar kamu.

2. Pengamanan

Pentingnya melengkapi sistem keamanan rumah (Foto: Pexels/pixabay)

Untuk pengamanan kamu bisa memberi tahu kepada petugas keamanan rumah untuk mengawasi rumah kamu. Selain itu sebaiknya pasang alarm rumah dan perangkat keamanan lainnya seperti CCTV.

3. Periksa kembali segala pemesanan

Pastikan semua pemesanan sudah lengkap (Foto: Pexels/Burst)

Maksudnya lakukan pemeriksaan ulang mengenai segala pemesanan untuk keperluan melancong kamu. Hal tersebut meliputi tiket penerbangan, pemesanan kamar hotel, penyewaan mobil, hingga restoran tempat kamu makan.

4. Lunasi semua tagihan operasional rumah

Lunasi semua tagihan agar tidak terkena denda (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Perhatikan tanggal jatuh tempo tagihan-tagihan keperluan operasional rumah kamu. Entah itu tagihan listrik, air, dan internet. Kamu tidak mau kan terkena denda biaya keterlambatan?

5. Periksa keadaan cuaca

Jangan sampai salah prediksi keadaan cuaca di destinasi tujuan (Foto: Pexels/Pixabay)

Penting untuk selalu memeriksa keadaan cuaca di destinasi tujuan kamu. Jangan sampai salah memprediksi. Bukannya berjemur, kamu malah disambut dengan hujan badai saat melancong ke pantai.

6. Kebersihan rumah

Jangan tinggalkan rumah dalam keadaan kotor (Foto: Pexels/Pixabay)

Habiskan atau buang semua makanan yang bisa basi di dalam kulkas. Kosongkan tempat sampah, dan terutama selesaikan semua tumpukan cucian piring. Kamu tidak mau kan pulang ke rumah disambut aroma tidak sedap?

7. Kontak darurat

Kontak darurat untuk keadaan darurat (Foto: Pexels/Pixabay)

Simpan nomor kontak darurat untuk mengatasi hal yang tidak diinginkan. Teman, tetangga, atau anggota keluarga besar lainnya bisa menjadi kontak darurat kamu selama perjalanan.

8. Uang tunai, kartu kredit dan debit

Tidak perlu membawa kartu kredit di dompet (Foto: Pexels/EVG photos)

Tentu uang menjadi hal utama. Namun, kamu tidak memerlukan struk, uang koin, kartu nama rekan kerja, hingga kartu debit dan kredit yang tidak diperlukan. Cukup bawa uang tunai, dokumen identitas, dan satu sampai dua kartu debit.

9. Masukan furnitur outdoor

Masukkan semua furnitur ke dalam rumah (Foto: Pexels/anna-m.weber)

Untuk antisipasi beberapa kendala. Sebaiknya masukan furnitur outdoor kamu ke dalam rumah seperti kursi teras. Selain itu jangan sekali-kali meninggalkan barang ringan yang mudah diambil para pencuri. Meskipun tidak berharga sayang kalau hilang. (ikh)

Baca juga: Milenial Semakin Kepincut Food Tourism?

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH