Melancong Bawa Perhiasan, Amankah? Keamanan perhiasan yang kamu bawa tergantung kamu sendiri (Foto:Pixabay/JamesDeMers)

SETIAP pelancong memiliki barang bawaan yang berbeda untuk berwisata. Termasuk kamu. Mungkin saja kamu ialah tipe pelancong yang memiliki koleksi perhiasan. Karena terlalu mencintai perhiasan kamu, sampai-sampai kamu tidak bisa meninggalkannya di rumah.

Terutama kalau kamu ialah pelancong wanita. Tujuan kamu jalan-jalan. Tapi koleksi perhiasan kamu juga harus ikut bersama kamu. Iya, intinya sih supaya tetap tampil berkelas saat melancong menggunakan perhiasan-perhiasan itu.

Pertanyaannya, aman enggak sih kalau kamu bawa perhiasan saat melancong? Sebenarnya dibilang aman juga tidak. Tapi, semua kembali lagi ke kamu. Tergantung tujuan kamu seperti apa. Jadi kamu juga harus bisa memilah perhiasan apa yang ingin kamu bawa. Sisanya tetap tinggalkan di rumah. Kamu boleh memakai perhiasan kamu dan beberapa kamu simpan di dalam tas kecil.

Foto perhiasan kamu sebagai barang bukti (Foto: Pixabay/SplitShire)

Masalahnya begini. Yang bisa menjamin keamanan perhiasan kamu ialah diri kamu sendiri. Bukan tempat penginapan kamu. Pihak hotel tidak bisa memberikan pengamanan ekstra untuk perhiasan yang kamu bawa. Tapi tidak perlu khawatir. Ada beberapa hotel yang menyediakan brankas besi untuk menyimpan perhiasan kamu. Tapi, ada baiknya jika kamu membawa sendiri brankas kecil dari rumah.

Kalau kamu ingin membawa perhiasan, yang pertama buatlah sebuah daftar. Tulis perhiasan apa saja yang ingin kamu bawa. Supaya kamu bisa mengingat dan tidak ada yang tertinggal saat melakukan pengecekan barang bawaan. Penting juga untuk memfoto setiap perhiasan yang kamu bawa, untuk berjaga-jaga kalau kehilangan. Setidaknya kamu memiliki bukti.

Kalau kamu menggunakan pesawat, jangan sekali-kali meletakkan perhiasan di bagasi pesawat. Tahu sendiri kan, tidak jarang ada kejadian bagasi hilang pada beberapa maskapai penerbangan. Selalu simpan perhiasan kamu di tas kecil yang selalu kamu bawa. Karena itu, sebaiknya bawa perhiasan seperlunya. Kalau berlebihan kan kamu sendiri yang repot. Berat juga nanti tas kamu.

Tidak perlu pakai perhiasan saat ke pantai (Foto: Pixabay/Pexels)

Lalu, kamu juga harus waspada saat sampai di tempat penginapan. Biasanya akan ada pelayan hotel yang membawakan barang bawaan kamu. Nah, bukannya mau berprasangka buruk. Tapi jangan sampai perhiasan kamu ikut dibawa oleh pelayan hotel. Tetap simpan perhiasan kamu di dalam tas yang kamu bawa sendiri.

Selain itu, kamu harus bijak dalam mengenakan perhiasan saat melancong. Kamu harus tahu kondisinya juga. Misalnya jangan memakai perhiasan saat pergi ke pantai. Kamu tidak mau kan perhiasan kamu terseret ombak? Cukup menggunakan perhiasan di aktivitas-aktivitas santai seperti berkunjung ke museum, atau obyek wisata yang tidak terlalu outdoor.

Sahabat Merah Putih, kuncinya karena harus waspada ketika ingin membawa perhiasan saat melancong. Sebenarnya akan lebih baik lagi kalau kamu meninggalkannya di rumah. Jadi, semua keputusan tergantung kamu sendiri ya. (ikh)

Baca juga: Supaya Enggak Rematik, Bawa Baking Soda Saat Melancong

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH