Melancong Aman dan Nyaman Bagi Wanita Ada bberapa trik yang membuat solo traveler perempuan aman. (Foto: Pexels/picjumbocom)

MENJADI pelancong solo memberi keseruan dan kegembiraan tersendiri. Kita bebas menentukan destinasi yang ingin dikunjungi dan bisa melakukan apapun sesuai kehendak pribadi. Namun menjadi pelancong tak selalu mudah dan menyenangkan bagi kaum hawa. Ada sejumlah destinasi wisata yang tak memberi persamaan hak bagi wanita. Beberapa lainnya justru tak menjanjikan keamanan. Mulai dari tindak kriminal hingga pelecehan seksual bisa dialami wanita ketika melancong. Berikut tips melancong aman bagi wanita:

1. Pertahanan Diri

bela diri
Tidak ada salahnya ikut kelas bela diri. (Foto: Pexels/Snapwire)

Lakukan pertahanan diri dengan mempelajari ilmu bela diri. Mulai dari taekwondo, pencak silat atau karate. Dengan mempelajari ilmu bela diri secara singkat kita bisa mempraktikkan beberapa jurus pada saat keadaan darurat. Apabila tak punya waktu untuk mempelajari ilmu bela diri, kita bisa mengikuti kelas muaythai atau body combat. Beberapa jurus martial art bisa kita praktikkan ketika ada orang yang coba menyerang kita.

2. Gunakan Cincin

cincin
Pakailah cincin kawin pura-pura. (Foto: Pexels/Pixabay)

Di beberapa tempat, orang-orang senang menggoda wanita lajang yang berjalan-jalan sendiri. Bahkan ada pula pria yang bertindak agresif. Jika demikian tak hanya membuat kita tak nyaman tetapi juga dapat mengancam keselamatan kita. Beli atau bawalah cincin. Kenakan cincin tersebut di jari manis. Dengan demikian, warga setempat akan berpikir bahwa kita sudah menikah dan enggan untuk menggoda. Cincin yang dibeli tak harus mahal dan mewah. Selain itu pasanglah foto pria (kau bahkan boleh memasang foto model) di wallpaper ponsel. Anggaplah mereka sebagai suamimu.

3. Sesuaikan Penampilan

baju
Pakailah baju yang sesuai dengan destinasi wisata. (Foto: Pexels/mentatdgt)

Kita memang berhak untuk mengekspresikan diri dari busana. Namun sesuaikan penampilan dengan destinasi wisata yang kita kunjungi. Ketika berkunjung ke tempat-tempat suci, berpakaianlah dengan sopan. Jangan pula gunakan celana pendek saat naik motor. Jika kita naik motor dengan memperlihatkan sebagian anggota tubuh maka dapat menarik perhatian yang tak dibutuhkan. Pakaian yang sopan menunjukkan rasa hormat kita terhadap tempat yang dikunjungi. Orang-orang pun lebih menghormati kita.

4. Berjalan dengan Benar

traveling
Berjalan dengan penuh percaya diri. (Foto: Pexels/Oleksandr Pidvalnyi)

Cara kita berjalan mencerminkan isi hati dan karakter. Dari cara kita berjalan akan terlihat apakah kita ketakutan, ragu-ragu atau percaya diri. Berjalanlah dengan kepala tegak dan ayunkan tangan. Orang-orang akan berpikir bahwa kita percaya diri dan pemberani. Mereka akan berpikir dua kali jika ingin bertindak aneh-aneh atau melakukan tindak kejahatan.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan dan diperhatikan wanita saat melakukan perjalanan seorang diri. Dengan meningkatkan kewaspadaan dan mawas diri, kita bisa memproteksi diri. Perjalanan kita pun lebih aman. (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH