Film
Era Streaming, Bayaran para Aktor Melambung  Para bintang ini akan lebih senang meninggalkan layar lebar dan terjun ke streaming.(forbes.com)

SATU dekade yang lalu, bintang-bintang Hollywood tahu tempat mereka di A-list aman ketika film mereka menduduki puncak box office. Saat ini, kesuksesan dapat diukur dengan penayangan di Netflix atau siaran pers yang menggembar-gemborkan popularitas film di HBO Max.

Revolusi digital mungkin telah mengubah banyak hal secara dramatis, termasuk laporan keuangan aktor favoritmu. Bintang film terus dibayar mahal untuk tugas mereka dan sering kali dapat menghasilkan lebih banyak dengan meninggalkan layar lebar dan terjun ke streaming.

BACA JUGA:

Angelina Jolie Ungggah Proses Pelatihan Uniknya untuk 'Eternals'

Gaji USD 20 juta atau Rp 288.143.000.000 per film telah menjadi standar industri untuk talenta top sejak 1996. Standar itu dimulai ketika Jim Carrey mengejutkan Hollywood dengan menghasilkan jumlah tersebut untuk komedi kelamnya, The Cable Guy.

Angka itu masih berarti headliner film yang dibuat untuk rilis teater, termasuk proyek mendatang yang dibintangi Sandra Bullock (The Lost City of D, Paramount), Brad Pitt (Bullet Train, Sony), dan Chris Hemsworth (Thor: Love and Thunder, Disney).

daniel craig
Daniel Craig menerima bayaran fantastis.(gq-magazin.de)

Angka tersebut masih bisa bergeser. Chris Pine akan mendapatkan hampir USD 11,5 juta atau Rp 165.676.475.000 untuk franchise Paramount yang menjanjikan, Dungeons and Dragons. Sementara itu, Robert Pattinson mengambil USD 3 juta atau Rp 43.218.450.000 untuk gilirannya berlaga dalam The Batman.

Lima tahun yang lalu, banyak dari bayaran itu akan menjadi pendapatan teratas teratas Hollywood. Sekarang, mereka dikerdilkan kekayaan yang ditawarkan Netflix, Amazon, dan layanan streaming lain.

Daniel Craig, misalnya, menghasilkan USD 100 juta atau Rp 1.441.265.000.000 berkat penjualan dua sekuel Knives Out karya Rian Johnson. Rejeki nomploknya dapat dikaitkan dengan fakta bahwa Netflix memberi kompensasi kepada bintang film untuk proyeksi partisipasi box office yang akan mereka peroleh jika film mereka dirilis secara eksklusif di bioskop.

Tambahan bayaran yang akan diterima Craig untuk film kedua dan ketiga dalam serial misteri pembunuhan itu. Belum lagi untuk dan James Bond yang akan mendekati cek sembilan digit.3

BACA JUGA:

Bisa Jadi Inspirasi Masakan, Cek Rekomendasi 5 Dokumenter Tentang Makanan

Sistem baru itu telah menciptakan gaji di muka yang secara eksponensial lebih tinggi, termasuk USD 30 juta atau Rp 432.424.500.000 bagi Dwayne Johnson untuk membintangi akuisisi Amazon Studios atas petualangan liburannya, Red One. Bayaran itu dapat membengkak menjadi USD 50 juta atau Rp 720.707.500.000 ketika back-end-nya diselesaikan.

Angka bayaran lain: USD 30 juta atau Rp 432.424.500.000 untuk Leonardo DiCaprio dan USD 25 juta atau Rp 360.353.750.000 untuk Jennifer Lawrence dalam komedi bencana Netflix karya Adam McKay, Don’t Look Up. Julia Roberts mendapat USD 25 juta atau Rp 360.353.750.000 untuk film thriller akhir dunia Leave the World Behind di Netflix. Sementara itu, ada sekitar USD 20 juta atau Rp 288.283.000.000 bagi Ryan Gosling untuk film thriller mata-mata Netflix The Grey Man.

Ekonomi kesepakatan baru juga telah membuat sakit kepala studio seperti Warner Bros, yang keputusan mereka untuk merilis seluruh film 2021 di HBO Max dan di bioskop secara bersamaan menyebabkan pemberontakan dari para bintang.

Denzel Washington dan Will Smith sama-sama memperoleh USD 40 juta atau Rp 576.566.000.000 untuk judul bikinan WB, yakni The Little Things dan King Richard. Demikian dibocorkan orang dalam studio kepada Variety (20/8) tentang perhitungan penurunan box office sehubungan dengan pemutaran perdana streaming.

jennifer lawrence
Jennifer Lawrence dalam komedi bencana Netflix karya Adam McKay, 'Don’t Look Up'. (latesthunts.com)

Keanu Reeves akan berhak atas pembayaran back-end di atas USD 12 juta atau Rp 172.969.800.000 hingga USD 4 juta atau Rp 57.656.600.000 yang untuk Matrix 4 yang akan datang. Amazon Studios juga menyetorkan USD 15 juta ke rekening bank Michael B Jordan setelah menerima peran dalam Without Remorse dari Paramount.

Satu-satunya bintang yang menikmati yang terbaik dari kedua dunia ialah Tom Cruise. Aktor ini termasuk di antara segelintir bintang film lawas yang menuntut pendapatan kotor sebesar dolar pertama untuk partisipasi back-end mereka. Itu berarti Cruise dibayar sebelum studionya mendapatkan sepeser pun dari penerimaan box office.

Hal itu memberinya hak bonus puluhan juta dolar setelah tonggak box office tertentu dicapai selama masa pakai filmnya. Dia menghasilkan USD 13 juta atau Rp 187.370.950.000 untuk bayaran akting di muka dalam Top Gun: Maverick tahun ini dari Paramount. Catat ya, jumlah itu akan terbang jauh lebih tinggi jika film tersebut menjadi hit.(aru)

BACA JUGA:

Nicole Kidman Dapat Pengecualian Karantina di Hong Kong

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Segway Rilis Super Scooter GT Series, Kecepatannya Tembus 70 Km/Jam
Fun
Segway Rilis Super Scooter GT Series, Kecepatannya Tembus 70 Km/Jam

Cuma butuh empat detik untuk mencapai 50 km/jam.

Tiga Destinasi Wisata Paling Banyak Dikunjungi Warga Jakarta, Apa Saja?
Hiburan & Gaya Hidup
5 Bukti Kaning Sahabat Sejati Gorya di 'F4 Thailand: Boys Over Flowers'
ShowBiz
5 Bukti Kaning Sahabat Sejati Gorya di 'F4 Thailand: Boys Over Flowers'

Episode 13 'F4 Thailand: Boys Over Flowers jadi favorit penggemar.

Alopecia Totalis, Autoimun Penyebab Kerontokan Rambut
Fun
Alopecia Totalis, Autoimun Penyebab Kerontokan Rambut

menyebabkan kerontokan rambut secara total di seluruh kulit kepala.

Ketahui Suhu Ideal untuk Tidur
Fun
Ketahui Suhu Ideal untuk Tidur

Ada banyak penelitian mengenai peran besar suhu pada kualitas, kuantitas, dan kebiasaan tidur.

Resep Arem-Arem Sorgum Kreasi Parti Gastronomi
Hiburan & Gaya Hidup
Resep Arem-Arem Sorgum Kreasi Parti Gastronomi

Arem-arem sorgum juga memiliki rasa lezat.

27 Steps of May, Kisah Kelam Trauma Korban Kekerasan Seksual 1998
Hiburan & Gaya Hidup
27 Steps of May, Kisah Kelam Trauma Korban Kekerasan Seksual 1998

Namun, siapa sangka, hari bahagia itu berubah menjadi malam kelam mengubah hidupnya secara drastis.

Sebelum Hamil Lagi, Pahami Pengaruh Anak pada Kebahagiaanmu
Fun
Sebelum Hamil Lagi, Pahami Pengaruh Anak pada Kebahagiaanmu

Besar-kecilnya keluarga memengaruhi hampir setiap aspek kehidupan, termasuk kebahagiaan.

TikTok Bisa Unggah Video 10 Menit
Fun
TikTok Bisa Unggah Video 10 Menit

Opsi durasi video panjang ini baru muncul di wilayah Amerika dan Eropa

Lezat, Makanan Ini Ternyata Mengandung Kolesterol Jahat
Fun
Lezat, Makanan Ini Ternyata Mengandung Kolesterol Jahat

Batasi mengonsummsi makanan dengan tinggi kolesterol.