Melalui Karya, WS Rendra Proyeksi Masa Depan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 21 Maret 2016
Melalui Karya, WS Rendra Proyeksi Masa Depan
Iwan Burnani Toni (foto: Noer Ardiansyah)

MerahPutih Budaya - Harimau mati meninggalkan belang, gajah mati meninggalkan gading. Seperti itu pula sosok penyair besar Indonesia, Willibrordus Surendra Broto Rendra atau WS Rendra. Dengan segala karya yang telah dicetuskan, tidak sedikit pula yang menjadi inspirasi bagi masyarakat luas.

Ihwal demikian, dikatakan langsung oleh Iwan Burnani Toni selaku orang kepercayaan almarhum WS Rendra kepada merahputih.com saat berkunjung ke Bengkel Teater Rendra, "Dengan karya, Mas Rendra dapat memproyeksikan apa yang akan terjadi di hari depan," kata Iwan di halaman Bengkel Teater Rendra, Cipayung, Depok, Minggu (20/3).

Makam WS Rendra

Penyair besar Indonesia yang dijuluki "Burung Merak", tambah Iwan, telah menelurkan beberapa kali pementasan yang menggambarkan situasi masa depan. "Pada tahun 1973, ketika mementaskan Mastodon dan Burung Kondor, terjadilah Malari (Malapetaka Lima Belas Januari). Padahal beliau sudah bilang, kalau tidak segera diatasi oleh pemerintah, maka akan terjadi," kata Iwan.

Selain itu, pada tahun 1975-1976 almarhum Rendra membuat Suku Naga, di mana hal demikian merupakan pengatamannya terhadap realitas yang ada. "Dan akhirnya muncul peristiwa 1978 (gerakan mahasiswa)," papar Iwan.

Adapun dampak daripada peristiwa 1978, Iwan jelaskan di antaranya adalah ratusan aktivis mahasiswa ditahan tanpa sebab oleh rezim Soeharto melalui tangan militer. "Bahkan, orang-orang militer tidak sungkan untuk masuk ke dalam kampus. Di ITB, rumah rektornya ditembaki oleh orang yang tak dikenal," jelasnya. (Ard)

BACA JUGA:

  1. Mendiang WS Rendra di Mata Iwan Burnani Toni
  2. Suara Perlawanan Budaya Asing dalam Lagu Minang Badindin
  3. Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta Pugar Situs Tamansari
  4. Yayasan Warna Warni Indonesia Resmikan Rumah Kebudayaan di Solo
  5. Akbar Tandjung Persembahkan Rumah Kebudayaan di Solo
#Penyair Indonesia #Seniman #WS Rendra #Iwan Burnani Toni
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan