Kunci Sukses Investasi Emas bagi Pemula Emas batangan.Foto: Antara

INVESTASI emas dipandang sebagai investasi yang paling aman ketimbang investasi lainnya. Seseorang yang memutuskan untuk berinvestasi pada emas punya harapan lebih besar untuk memperoleh keuntungan. Tentunya harus dibarengi dengan kecermatan dalam menentukan langkah investasi.

Sebagaimana peristiwa pada umumnya, selalu ada dampak postif dan negatifnya. Tidak terkecuali pada investasi dalam bentuk emas ini. Asalkan Anda cermat dalam menentukan langkahnya, investasi bisa berbuah manis.

Nah, investasi ini bisa dilakukan semenjak masih muda. Nilai investasi bisa dipilih, begitu pula dengan jangka waktunya. Ini tak lain dimanfaatkan untuk memenuhi harapan di masa mendatang. Contohnya adalah untuk membiayai pendidikan anak dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang ingin memulai berinvestasi pada emas, ada beberapa langkah awal yang bisa diikuti. Langkah ini bakalan menjadi alur perjalanan investasi sampai akhirnya mendapatkan hasil di masa mendatang. Seperti apa langkahnya?

Emas
Emas Antam. Dok Antam

Tentukan Terlebih Dahulu Tujuan Anda Berinvestasi Emas

Setiap orang memiliki tujuan sendiri-sendiri saat memutuskan untuk investasi. Tujuan umumnya tentu saja untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya dari aktifitas yang dilakukannya. Keuntungan inilah yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan utama seseorang. Sementara secara khusus, tujuan utama seseorang berinvestasi adalah untuk mendapatkan dana untuk membiayai pendidikan anak. Selain itu, ada juga yang bertujuan untuk membangun rumah, naik haji dan lain sebagainya.

Di sini, Anda tentukan terlebih dahulu tujuan utama kenapa Anda memutuskan untuk berinvestasi. Karena, tujuan ini akan mempengaruhi jumlah dan jangka waktu investasi. Artinya, di waktu yang telah ditentukan, Anda bisa menggunakan dana tersebut untuk membiayai kebutuhan tersebut.

Periksalah Harga Emas

emas
Tipe emas batangan. Foto: Reuters/Antara

Rumus utama investasi di dunia logam mulia tak lain adalah membeli barang sebanyak-banyaknya dengan harga rendah, kemudian menjualnya dengan harga yang lebih tinggi. Selisih dari penjualan inilah yang menjadi keuntungan bagi pelaku investasi. Supaya selisihnya lebih banyak, tentunya membeli di saat harga emas rendah adalah cara yang terbaik. Untuk mendapatkannya, Anda perlu mencermati harganya sebelum memutuskan untuk membeli.

Cara memeriksa harga emas ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Cara termudah adalah dengan mencari informasi di internet dari situs-situs resmi. Atau bila Anda merasa kurang yakin, kunjungilah toko-toko penjual emas.

Dari pencarian informasi ini, Anda akan tahu besaran biaya untuk pembelian emas dalam jumlah tertentu. Hal ini nantinya akan berpengaruh pada keputusan Anda. Yakni apakah akan membelinya atau menahan keinginan membeli untuk beberapa waktu.

Tentukan Jumlah Emas Yang Akan Dibeli

Emas
Ilustrasi. (NET)

Bisa dikatakan jika harga emas terus meningkat di sepanjang tahunnya. Ini tentunya memberikan asa jika investasi seputar emas batangan akan berpotensi menguntungkan. Meskipun begitu, Anda tidak seharusnya menginvestasikan uang secara berlebihan. Anda juga harus memikirkan tentang keuangan bulanan keluarga. Pastikan biaya bulanan keluarga sudah terkendali. Sisanya bisa dimanfaatkan untuk investasi.

Nah, saat memutuskan untuk berinvestasi, cara terbaik adalah menentukan jumlah emas yang akan dibeli. Tentunya sembari menentukan jangka waktu pembeliannya. Ini disesuaikan dengan kemampuan.
Misalnya kemampuan Anda hanya membeli 1 gram emas di tiap bulannya, cukup beli 1 gram saja. Lakukan pembelian dalam jumlah yang sama setiap bulannya dengan merujuk pada pendapatan bulanan.

Ketika pembelian ini dilakukan selama kurang lebih 5 tahun, maka hasilnya juga lebih besar. Setidaknya, dalam 5 tahun Anda sudah mengantongi emas sekitar 60 gram. Dan harganya akan terus naik setelah dijual nantinya.

Saat akan melakukan pembelian, Anda punya beberapa opsi pembelian. Pertama adalah membeli emas secara keseluruhan dalam satu waktu. Misalnya membeli emas sekali bayar sekitar 60 gram. Cara ini memang bisa memberikan keuntungan sangat besar. Terutama jika pembelian dilakukan saat harga emas cukup rendah. Jika disimpan dalam jangka waktu 5 tahun, tentu kenaikan harga emas jelas akan lebih besar sehingga keuntungannya bisa berlipat-lipat.

Kekurangannya adalah Anda perlu menahan diri. Yakni dengan mengumpulkan uang terlebih dahulu sampai uang bisa dibelikan emas dalam jumlah tertentu. Kedua adalah membeli dengan sistem menabung. Sistem ini juga banyak dilakukan oleh sebagian orang. Uang ditabung di dalam perbankan, dan uang ini dikonversikan menjadi emas.

Keuntungannya adalah Anda tidak perlu menunggu berbulan-bulan untuk membeli emas. Kemudian, Anda tidak dibebani biaya cetak emas. Biaya ini hanya akan dikeluarkan jika Anda sudah mulai mencetak emas yang sudah terkumpul di suatu waktu.

Ketiga adalah membeli emas dalam sistem cicilan. Sistem ini juga sudah banyak ditemukan. Terutama di perbankan. Tapi, Anda akan dipaksa untuk terus menabung uang. Jika telat membayar cicilan, Anda akan dikenai denda.

Belilah Emas Di Tempat Yang Terpercaya

Toko emas
Toko Emas. (NET)

Saat melakukan investasi emas, faktor paling penentukan selain yang disebutkan di atas adalah tempat membeli emas itu sendiri. Temukan dengan benar tempat pembelian emas yang terpercaya. Tempat yang terpercaya akan mewujudkan harapan investasi. Bahkan dengan jaminan pasti jika emas yang didapatkan adalah asli. Jadi, Anda bisa meminimalkan dari kerugian.

Ingat, investasi seperti ini sangatlah menjanjikan. Dibalik itu, ada oknum-oknum yang mengambil keuntungan. Misalnya memberikan tawaran proses yang cepat dengan pemberian sertifikat saja. Proses yang cepat ini kadang yang membuat orang tergiur. Lantas seseorang mau mengeluarkan uang. Tapi kenyataannya dirinya tertipu sehingga uang yang dikeluarkannya hangus.

Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, cari tahu terlebih dahulu tempat terpercaya untuk membeli emas. Contoh tempat menjual emas yang terjamin adalah pegadaian ataupun PT. Antam.
Setelah menemukan tempatnya, Anda juga tidak disarankan untuk terburu-buru dalam membelinya. Anda masih disarankan untuk memeriksa kondisi emas yang akan dibeli. Cermati keaslian emas. Selain itu, kondisi emas juga harus diperhatikan. Karena kesemuanya memiliki pengaruh besar saat proses penjualan.

Ketika emas yang dibeli tidak asli, sudah pasti Anda akan mengalami kerugian. Sama halnya bila emas dalam keadaan rusak atau tergerus, nilai emas juga akan menurun.

Tentukan Tempat Anda Akan Menyimpan Emas

emas
Brankas Emas. (NET)

Langkah terakhir adalah menyimpan emas yang sudah dibeli. Di sini, Anda memiliki banyak pilihan. Baik itu menyimpan sendiri di rumah atau menyimpannya di layanan jasa penyimpanan. Jika Anda memilih untuk menyimpan emas di rumah, Anda butuh brangkas baja sendiri. Di sini, Anda perlu membelinya dengan biaya cukup mahal.

Sementara bila ingin menyimpannya di layanan jasa, Anda perlu biaya penyimpanan. Biaya ini disesuaikan dengan kebijakan pemberi jasa. Contohnya adalah di perbankan dengan layanan SDB atau di Brankas PT Antam. Masing-masing memberlakukan biaya penyimpanan berbeda-beda. Anda perlu bertanya tentang biaya penyimpanannya. Tetapi, menyimpan di kedua tempat ini lebih aman meskipun dikenai biaya.

Itulah beberapa langkah yang seharusnya dilakukan ketika ingin berinvestasi logam mulai. Yang perlu dilakukan, kenali kemampuan Anda dalam membeli emas. Kemudian tentukan jangka waktunya. Dengan begitu, Anda bisa melakukan investasi emas dengan benar dan aman. (*)


Tags Artikel Ini

Teguh Riyanto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH