Teknologi

Mei, Skotlandia Punya Bus Umum Nirsopir

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 11 April 2023
Mei, Skotlandia Punya Bus Umum Nirsopir
Bus tanpa sopir ini akan menjadi pertama di dunia . (foto: Unsplash.com_Jonathan Borba)

TAK akan ada lagi pengemudi di balik setir bus di Skotlandia Timur pada Mei mendatang. Hal itu diketahui setelah operator bus terbesar di Inggris, Stagecoach, mengumumkan bahwa mulai 15 Mei, lima bus satu tingkat tanpa pengemudi akan beroperasi di jalan-jalan wilayah tersebut.

Seperti dilansir The Straits Times, layanan ini akan melintasi Forth Road Bridge nan ikonik. Itu merupakan markah kota utama Skotlandia dan Situs Warisan Dunia UNESCO. “Proyek tersebut, bernama CAVForth (Centre for Connected and Autonomus Vehicles), merupakan layanan bus terdaftar pertama di Inggris yang menggunakan bus otonom berukuran penuh,” kata pernyataan itu.

BACA JUGA:

Bus Mewah Ini Bikin Kamu Selonjoran Sepanjang Perjalanan

The Guardians mengabarkan kendaraan tanpa pengemudi sepenuhnya tidak diizinkan secara hukum di Inggris. “Pengemudi diperlukan setiap saat di semua kendaraan otonom, meskipun pemerintah sedang mengerjakan kerangka hukum dan jaminan yang diperbarui,” ucap Managing Director of Stagecoach Carla Stockton-Jones.

bus
Bus ini akan melayani sepanjang jalan dan melintasi Forth Road Bridge. (foto: Unsplash.com_Caio)

Bus tanpa pengemudi di Skotlandia akan menempuh rute sepanjang 22,5 kilometer dari Ferrytoll Park And Ride in Fife ke Edinburgh Park Transport Interchange. Armada akan memiliki kapasitas mengangkut sekitar 10 ribu perjalanan penumpang dalam seminggu dan juga akan memiliki sensor yang memungkinkan jika melakukan perjalanan di jalan yang telah dipilih sebelumnya dengan kecepatan 80 kilometer per jam.

Namun, bus akan tetap memiliki dua staf di dalam. Salah satunya ialah pengemudi keselamatan yang akan duduk di kursi pengemudi untuk mengawasi yang disebut sebagai kapten. Tak hanya itu, ia juga bertugas mengawasi penumpang, membantu penumpang membeli tiket, dan menjawab pertanyaan.

BACA JUGA:

Rasakan Pengalaman Mudik Jalur Darat dengan Bus Mewah

Stagecoach mengatakan pelatihan pengemudi telah berjalan dengan baik dan terdapat 20 staf menyelesaikan pelatihan menjelang peluncuran. Menteri Transportasi Skotlandia Kevin Stewart menyebut proyek ini merupakan tonggak sejarah menarik.

Bus
Kendaraan tanpa pengemudi sepenhnya tidak diizinkan di Inggris.(foto: Unsplash.com_Timcompound)

“Jaringan jalan utama kami dapat menyediakan berbagai lingkungan sebagai tempat pengujian yang beragam, Proyek CAVForth yang inovatif dan signifikan secara global akan benar-benar membantu Skotlandia memantapkan kepercayaannya di panggung dunia,” ujar Stewart.

Senada, Stockton-Jones mengatakan, perusahaan sangat bersemangat untuk memperkenalkan armada bus otonom pertama Inggris di Skotlandia Timur.(dkr)

BACA JUGA:

Ingatan Pertama Kali Bus Tingkat Pariwisata Mengaspal Jalanan Ibu Kota

#Skotlandia #Wisata Dunia
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan