Megawati Tolak Wacana Presiden 3 Periode

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 29 Juni 2021
Megawati Tolak Wacana Presiden 3 Periode
Megawati Soekarnoputri mendapat gelar profesor kehormatan Ilmu Pertahanan bidang Kepemimpinan Strategik dari Unhan RI, Jumat (11/6). (Foto: MP/Istimewa)

MerahPutih.com - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri disebut menolak wacana presiden tiga periode. Hal itu ditegaskan oleh politikus senior PDIP Hendrawan Supratikno.

Hendrawan mengatakan PDIP telah menugaskan Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah untuk mendorong amandemen terbatas UUD 1945. Hal itu dilakukan untuk menetapkan PPHN (Pokok-Pokok Haluan Negara), bukan masa jabatan presiden tiga periode.

Baca Juga

Wacana Jokowi 3 Periode Dinilai Hanya Pepesan Kosong

"Sudah dijelaskan Mas Ahmad Basarah sebagai Wakil Ketua MPR, yang diberi tugas untuk mendorong Amandemen terbatas UUD 1945. Intinya, tidak ada penugasan untuk mengkaji masa jabatan Presiden," kata Hendrawan di Jakarta, Senin (28/6).

Hendrawan kembali menegaskan, bahwa PDIP hanya menugaskan Ahmad Basarah untuk memasukkan kewenangan MPR menetapkan PPHN.

"Tidak ada penugasan untuk mengkaji masa jabatan Presiden. Yang ada adalah memasukkan kewenangan MPR untuk menetapkan PPHN," ujarnya

Megawati Soekarnoputri menerima gelar profesor kehormatan (guru besar tidak tetap) Ilmu Pertahanan Bidang Kepemimpinan Strategik pada Fakultas Strategi Pertahanan Universitas Pertahanan. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Foto: ANTARA

Wacana Presiden tiga periode disampaikan oleh Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari. Bahkan, ia menjadi penasehat kelompok relawan Sekretaris Nasional Jokowi-Prabowo 2024.

Menurut Qodari, dengan jabatan Jokowi 3 periode polarisasi masyarakat akibat Pilpres tidak akan terjadi lagi seperti pemilu 2019. Bahkan dalam keyakinan Qodari, hanya dengan mengkawinkan Jokowi-Prabowo berbagai gesekan politik akan dapat dicegah. (Pon)

Baca Juga

Muncul Wacana Presiden Tiga Periode, Pengamat: Jokowi Akan Dijadikan Seperti Soeharto

#Megawati Soekarnoputri #Amandemen UUD #PDIP
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan