Megawati Tanggapi Pernyataan Presiden Jokowi Soal Politisi Sontoloyo

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 29 Oktober 2018
Megawati Tanggapi Pernyataan Presiden Jokowi Soal Politisi Sontoloyo
Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan dengan Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Minggu (8/7) malam. Foto: PDI Perjuangan

MerahPutih.com - Presiden RI kelima sekaligus Megawati Soekarnoputri menanggapi pernyataan Presiden Jokowi yang menyinggung keberadaan politisi sontoloyo.

Ketua Umum PDI Perjuangan itu mengatakan setiap politisi hendaknya mengedepankan kemaslahatan rakyat dalam berpolitik.

Megawati Soekarnoputri bersama kader PDIP (MP/Fadhli)

"Politik itu kan sebenarnya memang kemaslahatannya untuk rakyat. Kalau ada perbedaan, kita tidak perlu harus ikut mencaci-maki dan sebagainya," kata Megawati seperti dilansir Antara, Senin (29/10).

Sebelumnya Presiden Jokowi menyinggung keberadaan politisi "sontoloyo", yang kerap menggunakan cara tidak sehat untuk meraih simpati rakyat, termasuk mengkritik program pemerintah yang ditujukan untuk kesejahteraan rakyat.

Menurut Megawati, di dalam sebuah negara, terdapat tata kelola pemerintahan, sehingga ada tempat untuk memperdebatkan ide dan gagasan

"Di dalam tata pemerintahan itu, meskipun apapun juga bentuknya, pasti ada yang namanya parlemen. Parlemen kalau di kita adalah DPR, di situlah sebenarnya rakyat bisa berdebat, begitu juga kalangan politisinya," jelas Megawati seusai menghadiri acara penganugerahan doktor kehormatan dari Universitas Negeri Padang untuk tokoh Malaysia, Dato' Seri Anwar Ibrahim.

Presiden Jokowi didampingi Seskab dan Gubernur Jatim menjawab wartawan usai melepas Jalan Sehat Santri Sahabat Rakyat, di Sidoarjo, Jatim, Minggu (28/10) pagi. (Setkab)

Putri Presiden pertama RI Soekarno itu menekankan setiap partai politik memiliki fraksi sebagai perwakilan di parlemen untuk beradu gagasan atau menyampaikan kritik. Namun, kenyataannya perbedaan yang ada justru dijadikan ajang pertarungan yang tidak sehat.

"Padahal kita ini satu bangsa, satu negara, dan yang akan terkena dampaknya di kemudian hari itu sebenarnya rakyat, apa akan mempermainkan rakyat," kata Megawati.

Dia menyatakan seharusnya para politisi bisa memelihara persaudaraan satu bangsa dan setanah air dengan mengelola perbedaan secara positif. (*)

#Megawati Soekarnoputri #Presiden Jokowi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan