Megawati: Politik Tanpa Ideologi Cuma Panggung Transaksi Ekonomi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Foto Dok MP/Win)

MerahPutih.com - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengingatkan kader PDIP untuk mengokohkan pemahaman terhadap ideologi Pancasila.

Menurutnya, dengan politik berideologi kader akan lebih berkarakter dalam memimpin dan tidak menyesatkan rakyat.

"Saya berkali-kali ingatkan, berpolitik harus dengan ideologi, ideolgi kita Pancasila, saya ingin melahirkan politisi yang berkarakter, punya kepemimpinan dan tidak menyesatkan rakyat," kata Megawati di hadapan ribuan kader saat HUT Ke-45 PDIP, di JCC Jakarta, Rabu (10/1).

Putri Bung Karno itu menegaskan, ideologi Pancasila merupakan alat untuk mencerdaskan dalam berpolitik bukan sekadar alat untuk menekan massa.

"Camkan! Ideologi bukan alat dan mesin untuk mengumpulkan massa, bukan menciptakan massa, tapi menciptakan massa yang sadar," katanya.

Karena itu, jika praktik kotor dalam politik terus dibiarkan, jelas sangat bertentangan dengan Pancasila, sehingga yang terjadi adalah politik hanya dijadikan arena transaksi keuntungan.

"Sampaikan jika itu dibiarkan sampai subur tidak akan pernah menjadi jalan pengabdian. Politik hanya akan jadi panggung, arena, transkasi ekonomi bagi kelompok tertentu," imbuhnya.

"Mereka tidak akan ambil pusing apabila kebijakannya tidak berpengaruh pada rakyat, yang penting terpilih, terpilih lagi, hanya mau jadi trending topic," tandasnya. (Fdi)



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH