Megawati: Perempuan Perlu Terus Mengembangkan Kemampuan Nalar dan Berpikir

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Senin, 11 Februari 2019
Megawati: Perempuan Perlu Terus Mengembangkan Kemampuan Nalar dan Berpikir
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Foto: MP/Win)

Merahputih.com - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri meminta kaum perempuan untuk lebih aktif dalam kancah politik guna memberikan kontribusi yang positif bagi bangsa dan negara.

"Perempuan harus lebih aktif dalam kancah politik, perempuan perlu terus mengembangkan kemampuan nalar dan berpikir," kata Megawati di GOR Satria Purwokerto, Minggu (10/2).

Peran perempuan dalam politik Indonesia, menurut dia, perlu mendobrak sistem patriarki dan perlu memiliki independensi dalam pilihan politik.

Megawati juga mengatakan konstitusi Republik Indonesia sangat progresif sehingga memberikan ruang bagi perempuan untuk berkiprah di dunia politik.

"Saya selalu mengingatkan konstitusi Republik Indonesia sangat progresif, apa arti progresif, artinya sangat ke depan. Di mata hukum misalnya, laki-laki dan perempuan di anggap sama," katanya.

Untuk itu dia mengingatkan agar kader PDI Perjuangan tidak boleh membeda-bedakan antara laki-laki dan perempuan.

Megawati dalam acara kantor DPP PDIP Jakarta Pusaat (MP/Fadhli)
Megawati dalam acara kantor DPP PDIP Jakarta Pusaat (MP/Fadhli)

Dia juga membagi pengalaman pribadinya di hadapan kader PDI Perjuangan, yang berani bermimpi untuk berkiprah dalam politik hingga akhirnya menjadi ketua partai dan menjadi Presiden Indonesia. "Jangan takut bermimpi. Sejak kecil saya sudah membangun impian-impian," katanya.

Sementara itu, sebagaimana dikutip Antara, Megawati juga mengatakan tujuannya datang ke Kabupaten Banyumas adalah untuk melihat perkembangan dari komunitas juang.

Kegiatan Jambore Kader Komunitas Juang angkatan VII yang diadakan sejak tanggal 8-10 Februari 2019 tersebut diikuti oleh sekitar 3.333 peserta Kader Komunitas Juang dari 34 DPC PDIP se-Jawa Tengah.

Kegiatan Jambore Kader Komunitas Juang ini sebelumnya diisi dengan apel satgas dan deklarasi Pemilu Damai di alun-alun Kota Purwokerto. (*)

#Megawati Soekarnoputri
Bagikan
Bagikan