Megawati Ingatkan Peran Perempuan Bagi Bangsa Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. (Ist)

MerahPutih.com - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengucapkan selamat Hari Perempuan Internasional 8 Maret 2018 saat orasi ilmiah pemberian gelar doktor honoris causa kepada dirinya di Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Kamis (8/3).

"Perkenankan saya ucapkan Selamat Hari Perempuan Internasional kepada seluruh perempuan Indonesia," kata Megawati disambut tepuk tangan meriah hadirin.

Presiden RI Ke-5 itu mengatakan, Hari Perempuan Internasional merupakan peringatan atas pengakuan hak politik bagi kaum perempuan di dunia.

Sambil mengingatkan kembali tulisan sang Ayah, Bung Karno 'Kongres Kaum Ibu', Megawati mengatakan bahwa persoalan emansipasi perempuan tidak hanya sebatas persoalan persamaan hak dan derajat antara kaum laki-laki dan perempuan.

"Persoalan emansipasi perempuan bagian dari emansipasi bangsa. Artinya, keterlibatan dan kesadaran dari kaum perempuan untuk bersama kaum laki-laki mewujudkan bangsa Indonesia yang Merdeka," urai dia.

Gagasan ayahnya tersebut menjadi landasan baginya dalam berpolitik, bahwa Politik tidak boleh diskriminatif.

"Politik harus membuka ruang dan akses partisipasi seluruh rakyat. Rakyat adalah rakyat. Seluruh rakyat memiliki hak dan kewajiban yang sama. Setiap rakyat memikul tanggung jawab yang sama dalam berkontribusi pada kepentingan nasional," imbuhnya.

Ruang dan akses bagi rakyat terhadap keputusan-keputusan pembangunan di bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya, juga mental dan spiritual hanya dapat terjadi jika pemerintah membukanya.

"Dengan kata lain, kekuasaan politik yang dijalankan oleh pemerintah harus mampu menjamin, melindungi dan memastikan partisipasi rakyat dalam pembangunan."

Berdasarkan hal itu, tambah Megawati, maka arah politik adalah hal inti di dalam suatu pemerintahan. Bukan dua hal yang terpisah.

"Pemerintahan tanpa politik yang jelas, ibarat kapal tanpa kompas. Pemerintahan tanpa pemimpin yang memiliki visi misi politik yang jelas, ibarat kapal tanpa nahkoda, yang akan hancur karena membentur karang atau tenggelam karena diterjang badai," pungkasnya. (Fdi)

Baca juga berita terkait di: Rayakan Hari Perempuan Internasional, Barbie Luncurkan Sheroes

Kredit : fadhli


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH