Megawati Dilobi Zulkifli Hasan Soal Wakil Ketua MPR Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Ketua MPR Zulkifli Hasan berharap Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menunjuk Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Ahmad Basarah sebagai wakil ketua MPR.

Lobi-lobi itu disampaikan langsung oleh Zulkifli kepada Megawati saat MPR dengan Dewan Pembina Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) melakukan pertemuan pagi.

"Tadi saya ngomong juga terbuka mbak Mega tolong lah Pak Basarah itu profesor Pancasila," kata Zulkifli di Gedung MPR, Senayan, Jakarta, Rabu (14/3).

Tak hanya itu, Zulkifli juga mengatakan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani bakal menjabat wakil ketua MPR.

"Kalau PKB kan teman saya Cak imin. Kalau dari Gerindra saya kira Pak Muzani ya," ujar Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Zulkifli menuturkan, revisi UU tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3) resmi diundangkan pada Kamis (15/3) besok. Setelah diundangkan, pihaknya akan melakukan pelantikan terhadap wakil Ketua MPR baru, yakni dari PDIP, PKB, dan Gerindra.

"Kalau UU sudah berlaku kita jalankan karena kita patuh pada hukum. Sudah siap semuanya," tuturnya.

Sebagai informasi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan Presiden Joko Widodo bakal mengeluarkan keputusan terhadap hasil revisi UU MD3 di detik-detik akhir, setelah 30 hari disahkan DPR atau pada 14 Maret mendatang.

"Kemarin kami juga dengan Mensesneg dan Menkumham berdialog dengan presiden langkah apa yang akan dilakukan, tentunya presiden punya langkah itu. Tapi sekali lagi langkah yang akan dilakukan presiden menunggu tanggal 14 Maret," ujar Pramono.

Menurutnya, Presiden Jokowi selama memantau perkembangan telah memikirkan apa yang akan dilakukan. Dia merahasiakan apa keputusan yang akan diambil Jokowi. Pramono memastikan tim kajian tetap berjalan. (Pon)

Kredit : ponco


Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH