Mediasi OSO-Daryatmo Dilakukan Tertutup

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Selasa, 23 Januari 2018
Mediasi OSO-Daryatmo Dilakukan Tertutup
Ketua Dewan Pembina Partai Hanura Wiranto melalukan pertemuan dengan Oesman Sapta Odang (OSO) dan Marsekal Madya (Purn) Daryatmo di Hotel The Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta Selatan

MerahPutih.com - Ketua Dewan Pembina Partai Hanura Wiranto melalukan pertemuan dengan Oesman Sapta Odang (OSO) dan Marsekal Madya (Purn) Daryatmo di Hotel The Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (23/1).

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) itu diduga sedang menengahi pertikaian yang terjadi diantara kedua kubu Hanura tersebut.

Pantaun MerahPutih.com, mediasi dilangsungkan di salah satu ruangan di lantai dasar hotel. OSO duduk di sebelah kanan Wiranto. Sedangkan Daryatmo duduk di sebelah kiri Wiranto.

Selain OSO dan Daryatmo, hadir pula Wakil Ketua Umum DPP Hanura Kubu OSO, Gede Pasek Suardika dan Sekretaris Jenderal Partai Hanura Harry Lotung Siregar.

Belum diketahui apa yang tengah dibicarakan dalam pertemuan tersebut. Pasalnya, pertemuan itu tertutup untuk media.

Partai Hanura tengah dilanda konflik internal. Partai yang dibentuk pada 2006 silam ini pecah menjadi dua kubu, yakni kubu OSO dan Daryatmo. Perpecahan dipicu adanya mosi tidak percaya terhadap kepemimpinan OSO. Mosi tidak percaya ini diajukan oleh 27 DPD dan lebih dari 400 DPC Hanura yang kemudian difasilitasi oleh Sekjen Hanura, Sarifuddin Sudding pada 15 Januari 2018 lalu.

Belakangan, kubu Sudding pun menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang menjadi forum pengesahan atas pemberhentian OSO sebagai Ketua Umum Hanura. Tidak hanya itu, Munaslub yang diadakan di kabtor DPP Hanura, Jakarta Timur ini pun mengukuhkan Marsekal Madya (Purn) Daryatmo sebagai Ketum Hanura yang baru.

Tidak tinggal diam, kubu OSO pun membalas manuver di atas dengan memecat Sudding sebagai Sekjen Hanura. Dalam perkembangannya, kepengurusan versi OSO pun mendapat angin segar dengan terbitnya Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (SK Menkumham) tentang reposisi Sekjen. (Pon)

#Hanura #Wiranto
Bagikan
Bagikan