Media Tak Bisa Disalahkan Prabowo Subianto. Foto: @Gerindra

Merahputih.com - Wakil Direktur Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Lukman Edy memandang pemberitaan media massa mainstream soal Reuni Aksi 212 objektif berdasarkan fakta-fakta yang diterima media di lapangan.

"Kalau sebagian besar televisi, media cetak dan elektronik menyiarkan fakta sebenarnya dan bukan framing, maka tidak bisa disalahkan. Itu objektivitas media cetak dan elektronik dalam melihat 212," katanya di Posko Cemara, Jakarta, Kamis (6/12).

Lukman mengatakan, TKN sendiri memantau bahwa pemberitaan utama atau 'Headline' media cetak banyak sekali yang menampilkan berita Reuni 212 secara objektif dengan dilengkapi foto.

Begitu juga dengan media televisi, meskipun tidak semuanya melakukan siaran langsung di lokasi, namun menurut dia, pemberitaannya cukup banyak.

"Teman-teman media saya rasa memiliki tanggung jawab menyampaikan apa adanya. Teman-teman media bukan pihak yang menutup mata dan telinga terhadap fakta-fakta di lapangan," jelasnya dikutip Antara.

Prabowo berbicara kepada awak media
Neno Warisman (kiri) dan Prabowo Subianto di Depok, Jawa Barat (MP/Ponco Sulaksono)

Dia mengatakan, jika ada yang tidak puas terhadap pemberitaan media terkait Reuni 212, pihak tersebut tidak tuntas dalam melihat demokrasi media. "Karakter ingin mendikte media, ingin mem-framing media, itu kan karakter 20 tahun lalu. Sekarang tidak bisa seperti itu," ujar dia.

Sebelumnya dalam pidato hari disabilitas internasional di Hotel Grand Sahid Jakarta, Prabowo Subianto menyebut rakyat di cuci otaknya oleh pers yang lebih banyak bohongnya ketimbang benarnya. "Rakyat mau dibohongi, dicuci otaknya, dengan pers yang terus-terang saja banyak bohongnya daripada benernya," ucap Prabowo.

"Mereka telah mengkhianati tugas mereka sebagai jurnalis. 'Hai media-media, kemarin kau sudah tidak pantas menyandang predikat jurnalis lagi. Boleh kau cetak, boleh kau ke sini dan ke sana saya tidak akan mengakui anda sebagai jurnalis lagi," tambahnya. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH