MCU Akan Punya Film Superhero Asia Shang-Chi (Foto: Variety)

BLACK Panther menjadi film pertama Marvel Cinematic Universe (MCU) yang menjadikan superhero berkulit hitam sebagai bintang utamanya. Banyak yang menilai film ini mengangkat derajat masyarakat Afrika di muka dunia.

Nah, nantinya MCU juga akan menghadirkan film superhero Asia pertama. Sosok yang akan diangkat sebagai film adalah Shang-Chi, karakter buatan Steve Englehart dan Jim Starlin di tahun 1970.

1. Masih dalam proses penulisan

Belum ada proses casting untuk film Shang Chi (Sumber: Nerdist
Belum ada proses casting untuk film Shang Chi (SumberFoto: Nerdist)

Nantinya Marvel akan menunjuk sutradara Asia atau Asia-Amerika untuk menggarap film tersebut. Hal itu sama seperti film Black Panther yang drilis tahun 2017 lalu yang merekrut orang keturunan Afrika-Amerika sebagai sutradara.

Untuk para tokoh di dalam film, dalam waktu dekat Marvel berencana membuka program casting. Sementara film Shang-Chi hingga saat ini masih dalam tahap penulisan oleh orang keturunan Tiongkok-Amerika bernama Dave Callaham.

2. Siapa sebenarnya Shang-Chi?

Shang-Chi adalah akli Kung Fu (Sumber: IGN
Shang-Chi adalah akli Kung Fu (Foto: IGN)

Bagi penggemar komik Marvel, sebenarnya tidak akan asing dengan sosok Shang-Chi. Pertama kali muncul di komik Special Marvel Edisi #15, Shang-Chi muncul sebagai ahli beladiri Kung Fu asal Tiongkok. Ia adalah putra Fu Machu, seorang dalang kriminal.

Shang-Chi dilatih beladiri Kung Fu dengan tujuan membunuh atas nama ayahnya. Namun setelah mengetahui ayahnya bukan orang baik seperti yang ia pikirkan selama ini, Shang-Chi memberontak dan berbalik melawan.

3. Tidak punya kekuatan super

Shang-Chi tidak punya kekuatan super (Sumber: Ars Technica)
Shang-Chi tidak punya kekuatan super (Foto: Ars Technica)

Berbeda dengan Iron Fist, Shang-Chi tidak memiliki kekuatan super. Ia hanya mengandalkan kemampuan dalam bertarung serta menggunakan chi di dalam tubuhnya. Chi sendiri diambil dari bahasa Tionghoa yang artinya tenaga dalam.

Sang-Chi merupakan salah satu pendekar terbaik di dunia yang berjuluk Master of Kung Fu. Ia juga sempat tergabung dalam kelompok superhero New Avengers, Avengers, Heroes for Hire dan lain lain. (YNI)

Kredit : yani


Muchammad Yani