Mayoritas Warga Jateng Ingin Ganjar Kembali Jadi Gubernur Dua pasangan calon Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Tengah yakni Ganjar Pranowo-Taj Yasin (kiri) dan Sudirman Said-Ida Fauziah (kanan) (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

MerahPutih.com - Indo Barometer merilis hasil survei bertajuk "Dinamika Pilgub Jawa Tengah 2018: Siapakah Calon Pemenang?". Hasilnya, mayoritas warga Jateng menginginkan Ganjar Pranowo kembali menjadi Gubernur untuk periode 2018-2023.

"67.3 persen warga Jateng ingin Ganjar kembali menjadi Gubernur. Yang tidak menginginkan hanya 18.5 persen," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qodari saat memaparkan hasil surveinya di Hotel Harris, kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (20/6).

Berdasarkan pertanyaan tertutup terhadap dua calon gubernur Jateng, elektabilitas Sudirman Said hanya ‎memperoleh 21.3 persen. Ia tertinggal jauh dari Ganjar yang memperoleh 66.9 persen.

qodari
Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qodari

"Berat Sudirman Said lawan incumbent yang elektabilitasnya sudah mencapai 70 persen dan incumbent yang didukung PDIP," ucap Qodari.

Sementara itu, berdasarkan pertanyaan tertutup terhadap dua calon wakil gubernur Jateng, elektabilitas Taj Yasin mencapai 56,4 persen. Sedangkan Ida Fauziyah hanya memperoleh 22.4 persen.

Dalam survel ini juga terungkap, dari simulasi dengan menggunakan contoh surat suara, pasangan Ganjar - Taj Yasin mendapat 67.3 persen. Sementara pasangan Sudirman - Ida mendapat 21.1 persen.

"Jadi Sudirman Said berhadapan dengan parpol (PDIP) yang kuat dan figur populer (Ganjar) jadi berat sekali," ungkapnya.

Pilgub Jateng 2018 diikuti dua pasang calon gubernur-wakil gubernur, yakni Ganjar Pranowo-Taj Yasin yang diusung oleh PDI Perjuangan, PPP, Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Golkar. Sementara Sudirman Said-Ida Fauziyah diusung Partai Gerindra, PAN, PKS, dan PKB.

Ganjar Pranowo dan Gus Yasin
Dua pasangan calon Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Tengah yakni Ganjar Pranowo-Taj Yasin (kiri) dan Sudirman Said-Ida Fauziah (kanan) mengikuti acara Debat Terbuka Pigub Jawa Tengah putaran ke-2 di Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis (3/5). (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Survei Indo Barometer ini dilakukan di seluruh wilayah Provinsi Jawa Tengah, yang meliputi 35 kabupaten/kota. Populasi survei ini adalah warga negara Indonesia di Provinsi Jawa Tengah, dan sudah mempunyai hak pilih berdasarkan peraturan yang berlaku, yaitu warga yang minimal berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah pada saat survei dilakukan.

Jumlah sampel pada survei ini sebanyak 800 responden, dengan margin of error sebesar ±3.46%, pada tingkat kepercayaan 95%. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling.

Waktu pengumpulan data pada tanggal 7 – 13 Juni 2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner. (Pon)

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH