Mayoritas Pendaftar Rumah DP Nol Janji Anies Tak Lolos Verifikasi

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 19 Oktober 2020
Mayoritas Pendaftar Rumah DP Nol Janji Anies  Tak Lolos Verifikasi
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan hunian DP nol rupiah di Rusunami Klapa Village, Jakarta Timur, Senin (29/7) (ANTARA FOTO/Adnan Nanda)

MerahPutih.com - Anggota DPRD Jakarta mengkritik program rumah Dp 0 persen yang sepi peminat. Padahal, program ini sudah tiga tahun dijanjika Anies Baswedan menjabat sebagai Gubernur.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI, Sarjoko mengklaim, bila program andalan Anies Baswedan saat kampanye 2017 lalu justru tinggi peminat.

Sepi peminat itu, menurut Sarjoko, karena banyak pendaftar yang memang tidak lolos verifikasi untuk mendapatkan rumah tanpa DP.

Baca Juga:

Jakarta Bakal Diguyur Hujan Lebat

"Peminat hunian DP Nol Rupiah sangat tinggi. Namun demikian tentu harus dilakukan verifikasi dan validasi data administrasi maupun keuangan pemohon, agar profil penerima manfaat dipastikan sesuai dengan target sasaran sesuai ketentuan yang berlaku," jelas Sarjoko di Jakart, Senin (19/10).

Seperti rumah DP 0 Rupiah, Perumnas di Bandar Kemayoran, Jakarta Pusat dan Sentraland Cengkareng, Jakarta Barat dari 94 unit tersedia sudah terjual 41 unit atau sekitar 43,6 persen.

Kemudian Menara Samawa, Pondok Kelapa, Jakarta Timur yang masih dalam proses Unit Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera (UFPRS) sebanyak 637, undangan lihat showunit 6.051, yang melihat showunit ada 2.445, dalam proses bank sebanyak 52, proses putusan bank ada 14.

Rumah DP Nol Jakarta
Rumah DP No Jakarta. (Foto: Antara).

"Untuk total pendaftar 23.939, yang tidak lolos verifikasi 13.666. Hingga saat ini sudah terjual sebanyak 457 atau sekitar 58,6 persen. Dan yang sudah terhuni sebanyak 278 unit," sambungnya.

Untuk proses pembangunan Samawa di Cilangkap, Jakarta Timur, sementara ini masih dilakukan oleh PD Pembangunan Sarana Jaya.

Seperti diketahui, sejumlah anggota DPRD DKI mengkritik janji kampanye Gubernur Anies yang belum maksimal realisasinya selam 3 tahun memimpin. Janji kampanye yang paling disorot Dewan Parlemen Kebon Sirih terkait dengan penyediaan rumah DP 0 Rupiah.

Salah satu yang mengkritisi, Anggota Fraksi Nasdem DPRD DKI, Ahmad Lukman Jupiter. Ia menjelaskan terkait pembangunan rumah DP 0 Rupiah, menurutnya belum sepenuhnya terealisasi.

"DP 0 persen (Rupiah) sampai saat ini belum terlaksana. Kemudian rusunawa yang sudah dia bangun dan itupun di Jakarta Barat masih kosong. Ini ada apa? terus Dinas Perumahan ini selaku yang menjalankan program ini kok kelihatannya santai-santai saja, ini sudah tiga tahun," ujar Jupiter saat dihubungi wartawan, Jumat (16/10). (Asp).

Baca Juga:

Pansus: Anies Tak Ada Keinginan Politik Atasi Masalah Banjir

#Janji Anies #DP Rumah
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan