Mayoritas Pelanggar Lalu Lintas Tidak Gunakan Helm Standar

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 07 Oktober 2022
Mayoritas Pelanggar Lalu Lintas Tidak Gunakan Helm Standar
Operasi Lalu Lintas. (Foto: MP/ Mauritz)

MerahPutih.com - Pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya 2022 tengah dilakukan kepolisian di seluruh wilayah Jawa Barat. Satuan Lalu Lintas Polres Cirebon Kota telah menindak ratusan pengendara yang melanggar aturan.

Kasat Lantas AKP Triyono Raharja mengatakan sejak dimulainya Operasi Zebra, Satlantas Polres Cirebon Kota telah menindak 750 pelanggar lalu lintas.

Baca Juga:

Operasi Zebra 2022 Dimulai, Polisi Janji Lakukan Pendekatan Berbeda

"Pelanggar paling banyak yakni pengendara sepeda motor dengan jumlah 654 pelanggar," kata Triyono didampingi Kasi Humas Iptu Ngatidja, Kamis 6 Oktober 2022.

Triyono menjelaskan, pelanggar yang tidak menggunakan helm SNI atau standar yaitu tercatat sebanyak 438 pelanggar, melawan arus sebanyak 97 pelanggar, berkendara di bawah umur 66 pelanggar.

"Sementara pelanggaran lainnya sebanyak 53 pelanggar," tambahnya.

Sementara pengemudi roda empat yang terjaring Operasi Zebra Lodaya ini sebanyak 55 pelanggar diantaranya karena mengemudikan kendaraan sambil menggunakan handphone.

"Dan yang tidak menggunakan safety belt ditegur sebanyak 41 pelanggar," kata mantan Wakasat Reskrim Polresta Cirebon ini.

Triyono mengimbau, masyarakat agar tetap disiplin dalam berlalu lintas karena hal ini akan bermanfaat untuk keselamatan dirinya sendiri maupun orang lain.

Polri melaksanakan Operasi Zebra 2022 dari tanggal 3 sampai dengan 16 Oktober 2022 melibatkan kurang lebih 23.600 personel di 33 provinsi Indonesia dengan mengusung tema “Tertib Berlalu Lintas Guna Mewujudkan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas) yang Presisi”.

Dalam operasi ini, Korlantas memaksimalkan penggunaan tilang elektronik (ETLE) yang belum lama ini telah diperluas lagi cakupannya di delapan polda sehingga penambahan ETLE di delapan polda itu menandakan kehadiran sebanyak 270 kamera ETLE statis, 806 kamera ETLE mobile, dan 58 kamera "speed cam" di seluruh Indonesia. (Mauritz/ Jawa Barat)

Baca Juga:

3 Hari Operasi Zebra Jaya 2022, 2.242 Pelanggar di Jakarta Ditindak

#Pelanggaran Lalu Lintas #Polisi
Bagikan
Bagikan