May Day 2020, Kapolda Jateng Tidak Berikan Izin Demo di Tengah Pandemi COVID-19 Kapolda Jateng, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel. (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Kapolda Jateng, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel menegaskan tidak ada aksi unjuk rasa dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day, Jumat (1/5) di wilayah Jawa Tengah. Hal itu dilakulan mengingat saat ini sedang pandemi COVID-19.

"Kami pastikan tidak ada aksi unjuk rasa (Demo) peringatan May Day pada Jumat besok di Jawa Tengah," ujar Rycko, Rabu (29/4).

Baca Juga:

Mundur dari Pertarungan Pilwakot Solo, Purnomo Diprotes Pendukungnya Sendiri

Rycko mengungkapkan Polda Jawa Tengah tidak akan memberikan izin pada organisasi buruh yang akan mengadakan demo. Semua itu dilakukan sebagai langkah mencegah terjadinya kerumunan di tengah pandemi wabah virus corona atau Covid-19 di Jawa Tengah.

Buruh dilarang demo saat may day lantaran pandemi covid-19
Kapolda Jateng, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel menyerahkan bantuan APD pada 11 rumah sakit di Mapolresta Surakarta, Selasa (28/4). (MP/Ismail)

"Kalau ada yang mengajukan izin demo sudah pasti kami tolak. Namun, sejauh ini belum ada yang mengajukan izin ke Polda Jawa Tengah," kata dia.

Rycko mengaku telah memerintahkan seluruh jajaran kapolres/kapolresta di Jawa Tengah untuk meniadakan kegiatan unjuk rasa di daerah 35 kota/kabupaten. Ia juga meminta pada kapolres/kapolresta agar tidak mengeluarkan izin aksi May Day.

"Saya minta kapolres/kapolresta di 35 kabupaten/kota supaya tidak mengeluarkan izin demo May Day," tegasnya.

Baca Juga:

Mundur dari Pertarungan Pilwakot Solo, Purnomo Diprotes Pendukungnya Sendiri

Mantan Gubernur AKPOL Jawa Tengah ini mengimbau pada organisasi buruh di Jawa Tengah supaya mengadakan peringatatan May Day dengan kegiatan bakti sosial. Aksi bakti sosial nanti melibatkan TNI-Polri.

"Kita alihkan peringatatan May Day dengan kegiatan bakti sosial melibatkan organisasi buruh, TNI, dan Polri," pungkasnya.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Pandemi COVID-19, Kapolda Jateng Klaim Tindak Kejahatan Turun 50 Persen



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH