Olahraga

Max Verstappen Tundukkan Charles Leclerc di F1 GP Miami 2022

Andrew FrancoisAndrew Francois - Senin, 09 Mei 2022
Max Verstappen Tundukkan Charles Leclerc di F1 GP Miami 2022
Verstappen telah koleksi tiga kemenangan di musim 2022. (Foto: F1)

GELARAN F1 GP Miami 2022 telah usai dan Max Verstappen pembalap tim Oracle Red Bull Racing berhasil keluar sebagai pemenang. Verstapen berhasil mendominasi performa Charles Leclerc dari tim Scuderia Ferrari yang tampil impresif sepanjang akhir pekan bahkan meraih pole position.

Leclerc yang memulai balapan dari posisi paling depan langsung melesat meninggalkan Verstappen untuk mengamankan posisi pimpinan balapan. Tiga putaran berselang Leclerc langsung membuat jarak hingga 1,5 detik dari Verstappen yang berada di posisi kedua setelah menyalip Carlos Sainz pada tikungan pertama setelah balapan dimulai.

Sainz yang sempat mengalami kecelakaan cukup parah pada Jumat (6/5) masih menderita sedikit rasa sakit pada lehernya, sehingga tak mampu mengimbangi performa Verstappen. Namun, Sainz masih mampu menahan laju Sergio Perez yang berada di belakangnya.

Baca juga:

Highlights F1 GP Bahrain 2022, dari Mobil Terbakar Hingga Kebangkitan Ferrari

Verstappen mendominasi balapan GP Miami. (Foto: F1)

Sayang pada putaran ketujuh ban depan sebelah kanan Leclerc mengalami masalah hingga mampu dikejar dan disalip Verstappen pada putaran kesembilan, mengandalkan drag reduction system (DRS) yang mampu membuat Verstappen melaju hingga kecepatan 320 km/jam.

Verstappen terus menjauh dari Leclerc dan memaksimalkan stint (durasi penggunaan satu set ban sebelum masuk pit stop untuk mengganti ban baru) hingga putaran ke-24. Verstappen langsung mengganti ban setelah mengetahui Leclerc sudah satu putaran lebih dahulu mengganti ke ban kompon keras (hard).

Namun strategi undercut (taktik mengganti ban lebih dahulu dari mobil yang ada di depan untuk mencetak waktu putaran yang lebih cepat) yang digunakan Leclerc tak berhasil, malah membuat jarak yang semula sekitar empat detik semakin menjauh hingga delapan detik.

Baca juga:

Hasil Kualifikasi F1 GP Miami, Duo Ferrari Start Terdepan

Insiden Lando Norris dan Pierre Gasly sebabkan keduanya gagal finis. (Foto: F1)

Namun jarak delapan detik Verstappen tersebut berhasil terpangkas akibat kecelakaan Lando Norris, pembalap tim McLaren Racing, setelah ban belakang sebelah kanannya menabrak ban depan sebelah kiri Pierre Gasly yang sempat melebar dan berusaha kembali ke trek hingga terjadi kecelakaan.

Kecelakaan yang terjadi pada putaran ke-41 tersebut membuat bendera kuning dikibarkan tanda pembalap harus mengurangi lajunya dan safety car pun keluar. Akibatnya, jarak antara Leclerc dan Verstappen mampu dipangkas dan memberi kesempatan pada Leclerc untuk kembali bertarung meraih posisi pimpinan balapan.

Namun setelah periode safety car usai, laju Verstappen begitu cepat dan tak mampu diimbangi Leclerc meski menggunakan DRS sekalipun. Verstappen masih terus mampu menciptakan jarak signifikan dengan Leclerc, hingga akhirnya finis sebagai pemenang balapan dengan jarak ke Leclerc sejauh 3,786 detik.

Baca juga:

F1 Pastikan GP Rusia Dicoret dari Agenda Musim Balapan 2022

Carlos Sainz amankan podium ketiga GP Miami. (Foto: F1)

Sementara Sainz mengamankan podium ketiga tepat di depan Perez yang gagal menyalipnya meski sudah menggunakan ban medium yang lebih baru. Posisi kelima dan keenam dilengkapi duo pembalap tim AMG Mercedes F1 yang masih tampak kesulitan dengan mobil barunya.

Meski Verstappen telah mengoleksi tiga kemenangan dari lima seri yang sudah dijalani, namun Leclerc masih memimpin klasemen dengan total koleksi 104 poin dan Verstappen 85 poin. Penyebabnya tak lain karena Verstappen gagal finis pada seri GP Bahrain dan GP Australia akibat masalah pada mesin.

Adapun tiga pembalap yang gagal finis pada GP Miami 2022 yakni Zhou Guanyu yang terpaksa masuk pit dan pensiun dini dari balapan akibat masalah teknis, Norris yang mobilnya rusak setelah insiden dengan Gasly, dan Gasly sendiri juga harus berhenti dari balapan akibat masalah pada setirnya setelah insiden dengan Fernando Alonso dan Norris. (waf)

Baca juga:

Highlights GP Australia F1, Verstappen Gagal Finis

#F1 #Olahraga
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan