Musik
'Awal Mula', Kisah Pencarian Jati Diri Maudy Ayunda Maudy Ayunda kisahkan pencarian jati diri lewat lagu 'Awal Mula' (foto: istimewa)

BEBERAPA waktu lalu, Dee Lestari merilis sebuah buku dalam format cerita bersambung (cerbung) bertajuk Rapijali. Buku tersebut sebenarnya sudah ditulis Dee Lestari sejak 27 tahun lalu.

Rapijali hadir dalam tiga buku bertemakan musik-buku. Seri pertama terbit pada Maret 2021, kedua Mei 2021, dan ketiga Desember 2021. Sebagai persembahan spesial untuk pembaca, Dee Lestari membuat book soundtrack agar pembaca bisa menikmati lagu-lagu dalam kisah Rapijali secara nyata.

Baca Juga:

Nyanyikan Lagu Orang Lain, Amanda Caesa Mencoba Keluar dari Zona Nyaman

Dee Lestari memilih Maudy Ayunda untuk menyanyikan lagu 'Awal Mula' (Foto: istimewa)

Setelah meluncurkan 'Kinari', yang merupakan lagu pertama dari Book Soundtrack Rapijali yang dinyanyikan Iwan Fals, kini single kedua bertajuk 'Awal Mula' telah dirilis. Penyanyi Maudy Ayunda yang berkesempatan membawakan single kedua tersebut.

'Awal Mula' merupakan curahan hati Ping, karakter utama pada dunia Rapijali, yang tidak pernah mengenal ayah kandungnya.

Sosok ayah Ping merupakan misteri, karena sejak kecil dia selalu diberi tahu, untuk tidak memikirkan awal mula dirinya. Tapi, secara natural Ping tentu ingin tahu.

Memilih Maudy Ayunda untuk menyanyikan lagu 'Awal Mula' tentu bukan tanpa alasan. Dee Lestari menjelaskan, lagu-lagu yang ditulis olhnya membutuhkan suara yang tulus, tidak mengedepankan embellishment atau gaya bernyanyi yang terlalu Flamboyan. Nah, bagi Dee Lestari, Maudy Ayunda bak wadah yang sempurna untuk lagu 'Awal Mula'.

"Aku ingin suara yang memiliki kejernihan, kebeningan, dan ketulusan hati untuk 'AwalMula', dan suara Maudy Ayunda cocok sekali untuk itu," jelas Dee Lestari pada siaran pers yang diterima merahputih.com.

Lebih lanjut Dee Lestari menambahkan, bahwa Maudy Ayunda bisa membawakan sesuai sebagaimana yang dibayangkan tentang 'Awal Mula'.

Baca Juga:

Ramengvrl Berkolaborasi dengan Rapper Korea pH-1 di Lagu 'Ain't No MF'

Selain itu, cerita Rapijali bak semesta yang telah bertahun-tahun hidup di kepala Dee Lestari, dan ketika Maudy Ayunda menyanyikan lagu tersebut, Dee merasa mereka (para karakter Rapijali) seperti ikut merasakan euforia, karena sudah menanggapi aspirasi mereka dengan sungguh-sungguh.

"Maudy Ayunda embodies the song and the character as a whole," ucap Dee Lestari.

Sementara itu, Maudy Ayunda sendiri merasa sangat terhormat ketika mendapat kesempatan untuk menyanyikan 'Awal Mula'. Penyanyi yang belum lama ini merilis EP berjudul The Hidden Tapes Vol. 1 itu menuturkan, bahwa dia sangat tertarik ketika membaca liriknya.

Tak hanya itu, Maudy mengungkapkan bahwa ada elemen pencarian jati diri di dalamnya. Karena, untuk tahu akan kemana dirinya, prosesnya harus melibatkan pertanyaan pada diri sendiri, dan mencari tahun siapa diri kita.

" Aku kalau mendengarkan lagu pasti dari liriknya dulu. Narasi 'Wahai cermin di dinding', aku sedang merasa dalam situasi mempertanyakan who I am generally. Ini juga sangat relevan di luar mencari identitas, tapi juga who am I and what I want to do, yang sering kali orang sekitar bilang, 'Hidup itu dijalani saja, tidak usah terlalu dipikirkan'. Liriknya ‘kena’ di aku dan mungkin juga mereka yang sedang figuring things out," Ungkap Maudy Ayunda.

Kemudian, Maudy juga merasa ada koneksi dengan Ping, yang membutuhkan jawaban itu. Dia terusik dan kritis tentang hidupnya sendiri. menruut Maudy, Dee Lestari sangat jujur terkait karyanya, dan selalu ada cerita di balik itu.

Terkait lagu 'Awal Mula', Dee lestari berharap bisa menjadi tonggak untuk para pendengar. Karena, merepresentasikan awal dari sebuah penggapaian keiginan, awal seseorang mulai mengenali diri sendiri, hingga awal dari sebuah hubungan yang bermakna, dan lain sebagainya.

"Bagiku, hidup kita itu dipenuhi oleh berbagi awal tapi itu sangat signifikan. Hidup kita ada awal dan akhir. Kalau akhir itu berakhir pada kematian, awal bisa saja bukan sekadar kapan kita lahir, tapi kapan kita benar-benar mengenal diri kita sendiri, jadi maknanya dalam dan universal," tutup Dee Lestari. (Ryn)

Baca Juga:

Mawar de Jongh Berkisah Tentang Penyesalan di Lagu 'Pernah Salah'

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Platform E-Commerce Gencarkan Pelatihan Literasi Digital Pada UMKM
Fun
Platform E-Commerce Gencarkan Pelatihan Literasi Digital Pada UMKM

Pelatihan tersebut dimaksudkan sebagai upaya untuk menghadirkan para penjual yang memiliki kecakapan serta kualitas pada bisnis di dunia digital.

Porsche Pertimbangkan Bikin Panamera Versi Listrik
Hiburan & Gaya Hidup
Porsche Pertimbangkan Bikin Panamera Versi Listrik

Porsche Panamera versi mesin bensin akan tetap dijual.

Penting, Perhatikan 4 Hal ini dalam Safety Driving
Fun
Penting, Perhatikan 4 Hal ini dalam Safety Driving

Empat hal penting dalam mengemudi dengan aman bagi diri sendiri maupun orang lain.

Cara Hilangkan Bau Rokok Biar Lingkungan Makin Nyaman
Fun
Cara Hilangkan Bau Rokok Biar Lingkungan Makin Nyaman

Bau rokok pada pakaian atau mulut memang mengganggu.

Apple Buat  Fitur Dark Mode untuk Safari Web
Fun
Apple Buat Fitur Dark Mode untuk Safari Web

Fitur baru ini akan berfungsi pada situs web individu dan mengikuti referensi ...

Shaquille O'Neal: Pro Player Esports Juga Seorang Atlet
Fun
Shaquille O'Neal: Pro Player Esports Juga Seorang Atlet

Shaquille O'Neal memiliki pandangan sendiri tentang pro player esports

Jilat Ludah Sendiri, Warren Buffett Investasi di Bank Khusus Kripto
Fun
Jilat Ludah Sendiri, Warren Buffett Investasi di Bank Khusus Kripto

Warren Buffett sempat mengatakan cryptocurrency adalah 'racun tikus'.

Goodyear Indonesia Rilis Ban Baru
Fun
Goodyear Indonesia Rilis Ban Baru

Ban ini berjenis LTR (light truck radial) yang diklaim memiliki ketahanan tinggi serta masa pakai yang lama.

Air Twister, Gim Terbaru Apple Arcade dari Creator Shenmue
Fun
Air Twister, Gim Terbaru Apple Arcade dari Creator Shenmue

Kamu akan bermain sebagai seorang kesatria bernama Princess Arch yang memiliki tembakan sihir fantastis.

'NBA All-World', Main Basket lewat AR
Fun
'NBA All-World', Main Basket lewat AR

Kamu dapat berlaga dengan para atlet ternama NBA.