Kesehatan

Mau Umur Panjang? Pola Hidup Penduduk Pulau Okinawa Patut Ditiru

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 19 Desember 2018
Mau Umur Panjang? Pola Hidup Penduduk Pulau Okinawa Patut Ditiru
Penduduk Okinawa terkenal dengan pola hidup sehatnya. (Foto: Pixabay/buffalobrian)

DIET bagi sebagian orang bukan hanya untuk urusan menguruskan badan. Diet juga sudah menjadi gaya hidup sehat. Seperti pengertiannya, diet yaitu mengatur asupan makanan yang dikonsumsi untuk mendapatkan kesehatan.

Salah satu diet dari Jepang terkenal berpengaruh untuk memperpanjang usia. Kamu pasti penasaran tentang diet dari Okinawa, Ryukyu, Jepang ini. Penduduk di Okinawa sudah sejak lama terkenal akan usia panjang mereka.

Seperti dikutip Go Dok, rahasia umur panjang para penduduk pulau Okinawa adalah pola makan mereka sehar-hari yang dikenal dengan diet Okinawa.

1. Cara hidup sehat penduduk Pulau Okinawa patut ditiru

Pasar tradisional di Okinawa. (Foto: Pixabay/jeniffertn)
Pasar tradisional di Okinawa. (Foto: Pixabay/jeniffertn)

Kehidupan di Pulau Okinawa sangat berbeda dengan di pusat kota Jepang. Di Okinawa, kamu bisa melihat begitu banyak generasi tua, berumur di atas 90 tahun, masih dengan aktif menikmati pekerjaan mereka meladang, bertani, dan aktivitas berat lainnya. Mereka tampak segar, dan ajaibnya, tanda-tanda penuaan (rematik, pendengaran menurun, bahkan penyakit kronis) jarang terlihat pada orang-orang tua ini.

2. Makan lebih sedikit nasi

Penduduk Okinawa makan sedikit nasi dibanding dengan daerah lain di Jepang. (Foto: Pixab
Penduduk Okinawa makan sedikit nasi dibanding dengan daerah lain di Jepang. (Foto: Pixabay/sayama)

Diet tradisional para penduduk di Pulau Okinawa terdiri atas 30% sayuran hijau dan kuning. Selain itu, mereka juga mengonsumsi nasi dalam porsi yang lebih sedikit dari penduduk Jepang pada umumnya, dan lebih memilih ubi manis sebagai panganan utama.


3. Daging jarang dikonsumsi

Penduduk Okinawa mengonsumsi daging dalam jumlah sedikit. (Foto: Pixabay/StockSnap)
Penduduk Okinawa mengonsumsi daging dalam jumlah sedikit. (Foto: Pixabay/StockSnap)

Sisanya, mereka juga mengonsumsi ikan dalam jumlah sedikit. Begitu pula dengan kacang kedelai, susu kedelai, tahu, dan tanaman polong lainnya.

Meskipun daging babi tetap menjadi favorit masyarakat pulau ini, namun karena memiliki nilai lebih, sangat jarang dikonsumsi. Penduduk Okinawa mengonsumsi daging babi hanya pada hari-hari festival tertentu.

Daging sapi dan kambing pun jarang dikonsumsi, begitu pula dengan produk olahan sapi lainnya (susu, keju). Secara garis besar, dengan diet Okinawa, kamu hanya akan mendapat lemak dan kalori dalam kadar rendah, sementara karbohidrat kompleks dikonsumsi dalam kadar tinggi. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Manfaat Lobak Putih untuk Kecantikan, Salah Satunya Obat Jerawat

#Diet #Kuliner Jepang
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan