Mau Tinggi? Jadilah Astronaut Astronot Norishige Kanai (Jepang), kosmonot Anton Shkaplerov (Russia), astronot Scott Tingle (Amerika). (Foto: mirror)

ENTAH ini berita menggembirakan atau malah menyusahkan. Terungkap bahwa umumnya astronot dalam menjalankan misinya bisa bertambah tinggi dua atau lima sentimeter.

Ini adalah kabar baik bagi orsang-orang yang ingin memiliki badan tinggi. Namun tidak bagi astronot yang berada di International Space Station. Kekhawatiran mereka adalah tidak akan bisa masuk ke kursi pada roket Soyuz.

Astronot asal Jepang, Norishige Kanai, mengkhawatirkan hal itu. Sebab ia sudah bertambah tingginya sekitar sembilan sentimeter hanya dalam waktu tiga minggu di luar angkasa. Sedangkan program itu baru berakhir pada bulan Juni.

Norishige Kanai. (Foto: mirror)

Apalagi kursi Soyuz memiliki batasan tinggi. Ini akan menyulitkan bagi astronot yang bertubuh tinggi.

Tidak diragukan oleh para ahli bahwa orang yang pergi ke luar angka memang akan bertambah tinggi. Ini disebabkan karena tulang belakang tidak mendapatkan graviti dan memungkinkan untuk berkembang. Kasus pada Norishige merupakan rekor baru.

Libby Jackson dari UK Space Agency, mengatakan bahwa kemungkinan pertambahan tinggi memang ada, namun semuanya bergantung pada kondisi tubuh si astronot. Biasanya para astronot mencegah bertambah tinggi dengan menjejakan kaki ke lantai dan tangan menekan ke atas untuk menekan tulang belakang. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH