Mau Tahu Senjata Pusaka Hok Tek Bio Ciampea?

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Jumat, 16 Februari 2018
Mau Tahu Senjata Pusaka Hok Tek Bio Ciampea?
Hok Tek Bio Ciampea, Bogor. (MerahPutih.com/Rizki Fitrianto)

SELAIN merupakan bangunan bersejarah, ternyata kelenteng tua yang bernama Hok Tek Bio Ciampea, Bogor, menyimpan aneka ragam senjata pusaka yang terus dijaga turun-temurun.

Menurut pengurus kelenteng, Tan Ta Yang, benda pusaka tersebut dipercaya memiliki kekuatan serta manfaat tersendiri bagi masyarakat Tionghoa di Ciampea, Bogor.

"Ada pedang Kong Co, dua bendera Hok Tek Ceng Sin, dan bola besi berduri. Sebagian masyarakat di sini memercayai kelebihan. Memang sudah dibuktikan juga," kata Tan saat ditemui Merahputih.com di Ciampea, Bogor, beberapa waktu lalu.

Tan Ta Yang mengatakan, untuk pedang Kong Co sendiri merupakan salah satu benda pusaka yang dimiliki Hok Tek Bio Ciampea yang konon dapat memberikan kewibawaan serta aura bagi mereka yang memegang pedang kuno tersebut.

Sementara, dua bendera Hok Tek Ceng Sin; Merah dan Kuning, mampu memberikan manfaat secara langsung, yang telah dibuktikan masyarakat sekitar pada tahun 1980-an.

"Sekitar tahun 1980-an, di sekitar Pasar Lama Ciampea pernah terjadi kebakaran. Kemudian bendera Hok Tek Ceng Sin Merah dikeluarkan untuk memadamkan di depan altar Tian (dibaca Tien). Setelah merapal sebuah mantera, api berhasil padam," katanya.

Sedangkan untuk bendera Hok Tek Ceng Sin Kuning, kata Tan, juga pernah digunakan saat warga di sekitar Ciampea tengah mengalami musim paceklik. "Sama seperti bendera Hok Tek Ceng Sin Merah, setelah dikeluarkan di depan altar Tian, panji tersebut dikibarkan digunakan untuk menghindarkan masyarakat dari marabahaya," katanya.

Adapun terkait bola besi berduri Hok Tek Bio, Tan menjelaskan merupakan sebuah media yang digunakan untuk atraksi Cap Go Meh dengan memanggil arwah leluhur.

"Bola besi berduri digunakan oleh Tang Sin/ Ta Tung (orang yang kemasukan arwah) untuk atraksi ketika Cap Go Meh. Orang-orang Tionghoa Ciampea, Bogor percaya kalau mau meminta petunjuk biasa melakukan mediasi dengan roh leluhur dan menggunakan benda pusaka ini," tandasnya. (*)

Infografis terkait senjata pusaka Hok Tek Bio Ciampea. (Merahputih.com)

BACA BERITA TERKAIT: Thung Tiang Mie, Sosok Tionghoa Muslim Pendiri Kelenteng di Ciampea Bogor

#Kelenteng Hok Tek Bio
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan