Mau Tahu Kondisi Tol Jakarta-Cikampek Usai Libur Natal? Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

MerahPutih.com - PT Jasa Marga Tol Jakarta-Cikampek mencatat volume arus balik libur Natal 2018 dari arah Cikampek menuju Jakarta mengalami lonjakan 59,4 persen dari situasi normal.

"Arus balik yang tercatat melalui petugas Gerbang Tol Cikarang Utama tercatat melonjak menjadi 85.827 unit kendaraan pada hari H Natal 2018," kata Senior Specialist Corporate Communications PT Jasa Marga Irra Susiyanti di Bekasi, Rabu (26/12).

Jumlah tersebut mengalami lonjakan yang cukup signifikan dari situasi normal sebanyak 53.849 unit atau setara dengan 59,4 persen.

Selain di GT Cikarang Utama, kata Irra, di hari raya Natal 2018 Jasa Marga juga mencatat peningkatan lalu lintas arah Jakarta yang cukup signifikan di sejumlah Gerbang Tol (GT) yang menjadi destinasi favorit pengguna jalan.

Gerbang Tol yang dimaksud di antaranya adalah GT Pasteur di Jalan Tol Purbaleunyi arah Bandung dan GT Ciawi di Jalan Tol Jagorawi arah Bogor dan Sukabumi.

Kendaraan melintas di samping salah satu lokasi pengerjaan pembangunan infrastruktur di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek. (ANTARA FOTO)
Kendaraan melintas di samping salah satu lokasi pengerjaan pembangunan infrastruktur di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek. (ANTARA FOTO)

"Lalu lintas yang melewati GT Pasteur Jalan Tol Purbaleunyi adalah sejumlah 33.284 kendaraan, meningkat 22,5 persen dari lalu lintas normal sebesar 27.177 kendaraan," katanya.

Lalu lintas arah Jakarta yang melewati GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi adalah sejumlah 35.992 kendaraan, meningkat 70,3 persen dari lalu lintas normal sebanyak 21.089 kendaraan.

"Sementara itu untuk kendaraan yang meninggalkan Jakarta melalui GT Cikarang Utama juga masih mengalami peningkatan signifikan sampai saat ini," katanya.

Pihaknya mencatat ada 68.502 unit kendaraan meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Jumlah tersebut meningkat 30,4 persen dari volume lalin normal yaitu 52.515 kendaraan.

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan yang hendak melakukan perjalanan balik untuk mengatur waktu keberangkatan guna menghindari kepadatan lalu lintas, serta memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum memasuki jalan tol.

"Selain itu, pastikan kondisi tubuh prima serta kecukupan BBM kendaraan sebelum memasuki perjalanan di jalan tol terutama bagi para pemudik yang melakukan perjalanan panjang Tol Trans Jawa," katanya.



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH