Mau Tahu Harga Sayur Mayur Setelah Badai Cempaka? Ilustrasi sayur mayur. (MP/Teresa Ika)

Merahputih.com - Badai Cempaka yang memporakporandakan Yogyakarta turut memengaruhi harga sayur mayur. Sepekan setelah badai Cempaka berlalu, sejumlah komoditas sayur mengalami peningkatan harga hingga 4 kali lipat.

Salah seorang pedagang sayur mayur di Pasar Beroingharjo Idah Habibah mengatakan, harga seluruh jenis sayur mayur naik. Bahkan ada beberapa jenis daripada sayur-mayur menipis.

"Ada yang naik hanya lima puluh persen. Tapi ada yang sampai 300 persen," kata Habibah saat ditemui di Pasar Beroingharjo, Yogyakarta, Jumat (8/12).

Menurut Habibah, daun seledri dan selada adalah komoditas yang naik paling drastis. Ia menjelaskan, sebelum terjadi badai Cempaka, harga seledri dibandrol Rp 15 ribu. "Tapi setelah terjadi bencana tersebut harganya mencapai Rp 40 ribu per kilo," katanya.

Sementara, harga daun selada menjadi Rp 30 ribu per kilo dari sebelumnya hanya Rp 10 ribu per kilo. "Bayam, kangkung, daun kemangi, tomat, dan seluruh jenis sawi hijau juga naik," katanya.

Satinah, pedagang sayur mayur lain di Pasar Kranggan, Kota Yogyakarta, mengatakan bahwa pasokan bayam dan kangkung kini makin berkurang.

Ia mengaku kesulitan untuk mendapatkan dua sayur favorit masyarakat tersebut. Jika sebelumnya ia hanya perlu mendatangkannya dari Pleret, kini ia harus mencari ke daerah lain untuk bisa mendapatkannya.

"Saya harus nyari ke Imogiri dan Prambanan buat dapet bayam. Kalaupun ada, mesti rebutan sama yang lain," katanya.

Kendati demikian, masyarakat tetap mencari dan membeli sayur mayur tersebut. Namun, kata Satinah, ada beberapa pelanggan yang terpaksa menyortir sayuran untuk menghemat pengeluaran.

Karena itu, mereka berharap agar pemerintah daerah bisa segera menstabilkan harga dalam waktu singkat.

Pantauan Merahputih.com di sejumlah pasar tradisional komoditas sayur yang naik adalah cabai keriting dari sebelumnya Rp 30 ribu menjadi Rp 35 ribu, sawi ijo dari Rp 5 ribu menjadi Rp 10 ribu.

Kemudian, harga untuk daun kemangi naik menjadi Rp 5 ribu dari sebelumnya Rp 2 ribu. (Teresa Ika)


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH