Mau Tahu Berapa Besar Sumbangan Dana Kampanye PDI Perjuangan? Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey. (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - PDI Perjuangan menyerahkan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU). LPSDK disebut berasal dari partai dan calon legislatif (caleg) dengan total penerimaan Rp118 Miliar.

Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey mengungkapkan, penerimaan sumbangan dana kampanye murni dari caleg dan belum ada yang berasal dari badan usaha atau korporasi.

"Total dana kampanye kita total Rp118 miliar. Sumbangan dari badan usaha belum ada. Ini masih murni pengeluaran dari para caleg selama 3 bulan ini," kata Olly di Gedung KPU RI, Rabu (2/1).

Dia memaparkan, dana sumbangan tersebut berupa penambahan kas partai dari jasa giro, artinya yang ada di kas partai dan belum termasuk sumbangan simpatisan berupa atribut kampanye.

"Yang noncaleg, pasti ada. Karena kita sudah adakan komunikasi dan beberapa partispasi yang selama ini membantu PDI Perjuangan sudah bersedia akan membantu di dalam kegiatan PDIP dalam beberapa waktu dekat ini," tuturnya.

Kata Olly, kemungkinan sumbangan dari per orangan akan diterima selanjutnya, karena hingga saat ini baru informasi akan ada yang menyumbang.

"Oh, ada nanti. Baru kita komunikasi, mungkin Februari baru mereka akan memberikan bantuan kepada PDIP," ucapnya.

Hari ini, KPU menjadwalkan peserta pemilu menyerahkan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) Pilpres dan Pileg 2019.

Sebagaimana diatur dalam UU Pemilu Nomor 7 tahun 2017, besaran penerimaan dana kampanye dibatasi untuk per orangan maksimal Rp2,5 miliar.

Adapun, sumbangan dana kampanye yang berasal dari kelompok, perusahaan, atau badan usaha nonpemerintah tidak boleh melebihi Rp 25 miliar. (Fdi)



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH