Mau Perjalanan Melancong Kamu Lebih Santai? Ikuti Cara Ini Melancong bisa menjadi kegiatan ribet (Foto: Pixabay/MatanVizel)

MELANCONG memang bisa mengusir stres. Tapi di satu sisi, terkadang melancong bisa menjadi kegiatan melelahkan. Bahkan menjadi kegiatan membosankan. Penyebabnya banyak. Misalnya barang bawaan kamu terlalu berat. Selama di perjalanan kamu malah kelelahan mengangkut koper kamu. Bukannya menikmati suasana perjalanan.

Kemudian, perjalanan melancong kamu bisa menjadi membosankan karena terlalu 'kaku'. Kamu sudah membuat agenda kegiatan selama di tempat tujuan. Tapi sesampainya di tujuan agenda kamu malah membuat acara melancong kamu terlalu diatur. Jadi kamu kurang santai saat berada di sana.

Nah, kamu enggak mau kan kegiatan melancong kamu malah jadi kegiatan yang ribet dan enggak santai? Tenang, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar acara melancong kamu bisa menjadi kegiatan yang santai tapi asyik.

Berikut cara yang bisa kamu lakukan menurut laman The New York Times.

1. Packing lebih sedikit pakaian

Kamu bisa mengandalkan jasa laundry di tempat tujuan (Foto: Pixabay/katyveldhorst)

Pakaian ini barang bawaan yang penting banget. Tapi kalau kebanyakan rasanya bisa membuat tas kamu keberatan. Bahkan terlalu berat. Pakaian enggak perlu kamu bawa banyak-banyak. Meskipun kamu pergi melancong dalam waktu seminggu, bawa pakaian secukupnya. Selama di tempat tujuan, kamu bisa mencuci pakaian sendiri, atau menggunakan jasa laundry.

2. Enggak perlu direncanakan banget

Punya agenda jangan kaku (Foto: Pixabay/StockSnap)

Memiliki rencana atau agenda kegiatan memang bisa bikin melancong kamu lancar. Tapi kalau agenda yang kamu buat terlalu ketat dan kaku, kamu malah jadi tergesa-gesa. Dengan kata lain, kamu enggak fleksibel saat mengunjungi tempat wisata tertentu. Direncanakan boleh, tapi kamu harus tetap fleksibel saat berada di tempat tujuan. Sehingga kamu bisa berlama-lama di tempat yang kamu suka tanpa harus terpaku dengan agenda selanjutnya.

3. Tetap aktifkan ponsel

Jangan matikan ponsel (Foto: Pixabay/JESHOOTS-com)

Orang kantor memang masih suka mengganggu saja walaupun kamu sedang liburan. Sehingga banyak orang mematikan ponselnya agar enggak bisa dihubungi orang kantor. Tapi sebenarnya kamu enggak perlu sampai mematikan ponsel kamu sepenuhnya. Cukup matikan notifikasi yang berhubungan dengan kontak orang kantor.

Karena kamu tetap membutuhkan beberapa aplikasi di ponsel yang bisa melancarkan perjalanan kamu. Contohnya Google Maps, Google Translate, situs pemesanan perjalanan, dan aplikasi messenger untuk tetap berhubungan dengan orang-orang di rumah.

4. Pelan-pelan saja

Enggak perlu buru-buru (Foto: Pixabay/Pexels)

Apa maksudnya pelan-pelan saja? Ya, ada saja orang yang ngotot mengunjungi berbagai tempat dalam satu kali perjalanan melancongnya. Misalnya jika waktu melancongnya tujuh hari, tempat yang dikunjungi juga bisa sampai delapan tempat. Tandanya kamu terlalu terburu-buru jika begitu. Enggak perlu memiliki banyak tujuan saat melancong. Setidaknya kamu membutuhkan waktu tiga hari di setiap tempat yang kamu kunjungi. Sehingga kamu bisa menikmati tempat itu dengan total.

Jadi ada rencana melancong kapan nih sahabat Merah Putih? (ikh)

Baca juga: Panduan Lengkap Penting Bagi Kamu yang Mau Melancong Ke Luar Negeri

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH