Mau Ngopi Santai di Belitung? Berikut Rekomendasi Tempatnya Di Belitung ada banyak warung kopi jadul (Foto: Pexels/Pixabay)

BELITUNG dikenal sebagai daerah wisata dengan keindahan alam memesona. Namun bukan itu saja, daerah ini juga menyimpan kekayaan kuliner. Kopi adalah salah satu minuman yang sangat digemari warga Belitung. Biasa diminum sebelum memulai aktivitas di pagi hari, juga biasa dinikmati bersantai.

Kebiasaan minum kopi warga setempat menjadi alasan berdirinya bermacam-macam warung kopi di Belitung. Dikenal memiliki rasa yang nikmat, warung kopi di Belitung juga menyajikan aneka menu makanan yang lezat.

Baca juga:

Di Belitung, Pulau Kosong pun Menarik

Berikut adalah beberapa pilihan tempat warung kopi yang sudah berdiri dari jaman dulu kala yang menyajikan kopi rasa khas.

1. Warung Kopi Atet

warung kopi atet
Kamu dapat menikmati kopi khas daerah Manggar (Foto: Pexels/Malcom Garet)

Lokasinya berada di Jalan Sudirman, area Lipat Kajang, Manggar. Di warung ini kamu dapat menikmati kopi khas daerah Manggar yang terkenal dengan kafein yang tinggi dan rasanya yang kuat. Kopi jenis Robusta ini menawarkan kopi cita rasa unik sehingga acap kali membuat pengunjung selalu datang lagi.

Sumber kenikmatan kopi ini berasal dari tingkat keasamannya yang rendah. Walau sudah ditambah susu kental manis atau gula, rasa kopi ini tidak akan jauh beda dari rasa aslinya. Warung Kopi Atet yang berdiri sejak tahun 1949 ini masih menggunakan desain bangunan lama minim perubahan. Kamu bisa mampir dari jam 8 pagi.

2. Warung Kopi Ake

warung kopi ake
Warung Kopi yang lawas (Foto: Pexels/samer daboul)

Warung kopi legendaris ini berlokasi di Kawasan Kafe Senang, Tanjung Pandan. Warung Kopi Ake memiliki nuansa klasik kepada para pengunjung. Terlihat dari desain bangunannya yang memiliki kesan simpel dan tua. Keberadaan foto-foto lama yang dipasang di area dalam menambah kesan lawas.

Baca juga:

Dekat Bandara, Ini Tempat Wisata Keren di Belitung

Proses pengolahan kopi di sini masih melibatkan alat sederhana. Kopinya khas karena dimasak pakai kompor arang. Menu di antaranya adalah kopi susu, kopi hitam, teh telur, teh tarik, dan lainnya. Warung Kopi Ake telah diurus oleh tiga generasi sejak tahun 1922. Warung kopi beropasi dari jam 5.30 sampai 18.30.

3. Warung Kopi Kong Djie

warung kopi kong djie
Sangat terkenal di Belitung (Foto: Pexels/samerdaboul)

Sudah berdiri sejak tahun 1953. Warung kopi ini sangat terkenal di daerah Belitung. Warung Kopi Kong Djie menyajikan beragam jenis kopi hitam yang dipadukan dengan susu kental manis. Pengunjung tempat ini bisa memesan kopi dalam keadaan dingin maupun panas.

Kandungan biji Robusta 70 persen serta Arabica sebesar 30 persen membuat rasa kopinya begitu kencang. Menyajikan menu kue ketan, pisang goreng, dan jadah. Lokasinya berada di Jalan Serma Abdullah, Tanjung Pandan. Warung dibuka dari pukul 6 pagi hingga pukul 9 malam.

Jadi kapan ada rencana ngopi di Belitung nih Sahabat Merah Putih? (lgi)

Baca juga:

Menelusuri Keeksotisan Pulau Leebong, Mutiara Terpendam Belitung

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH