Mau Ngecustom Motor? Siapkan Ini Cafe Racer (Foto: amlu)

MAU motor besar hingga motor kecil, motor custom bukan lagi menjadi hal baru. Tidak jarang terlihat motor custom mondar-mandir di jalanan. Meskipun agak nyentrik, sah-sah saja memiliki hobi memiliki tersebut.

Sejumlah bengkel pun siap melayani keinginan Anda memiliki motor paling beda. Motor jenis apa pun bisa Anda kreasikan.

Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk memiliki motor custom. Hal tersebut diungkapkan Bimo, pemilik Bimo Custombikes, salah satu bengkel custom yang berlokasi di kawasan Antasari, Jakarta Selatan.

(Foto: pipeburn)

Menurut Bimo, kebanyakan pelanggan tidak tahu-menahu akan menghasilkan motor custom dengan performa seperti apa saat membawa motor ke bengkel. Tanpa adanya riset, mereka hanya memikirkan model desain yang unik.

"Biasanya customer tuh langsung mau seperti ini tanpa ingin mengetahui program, misalnya chopper. Mereka tak tahu riding position dan handling akan seperti apa (setelah di-custom)," paparnya saat dihubungi merahputih.com via telepon.

Amat penting mengetahui konsep dan performa setelah membangun motor yang tidak lagi mengikuti standar pabrik. Hal itu disebabkan mengendarai motor custom tidak akan sama seperti motor standar. Misalnya akan ada perubahan handling saat membelokkan motor.

"Yang paling penting kalau mau bikin motor, kita paham konsep nanti akan seperti apa. Masuk ke bengkel ini kan sama seperti ke rumah makan," tambahnya.

(Foto: discovery)

Karena itu, jika Anda pergi ke Bimo Custombikes, dengan senang hati Bimo akan menerima Anda untuk berkonsultasi sebagai pendatang baru di dunia motor custom.

Di samping itu, Bimo juga menambahkan, sekarang ini para pelanggannya mulai memahami selak beluk motor custom. Kemajuan teknologi membuat pencinta motor custom dapat memahami perubahan performa motor setelah berubah dari standar.

"Paling tidak saya arahkan dulu, saya konsultasikan. Customer itu sudah mulai kritis dan pandai bahkan melebihi builder. Sekarang dunia udah terbuka ada internet udah ada sosmed, Instagram, Facebook," tambahnya lagi.

Motor custom terkadang dapat mengundang perhatian pihak berwajib saat di jalan raya. Perubahan desain motor biasanya memiliki aturan tertentu.

Namun, bagi Bimo ia akan melayani desain motor apa pun yang diinginkan para pelanggannya. Soal kelayakan di jalan raya, menurutnya yang terpenting tidak menghilangkan bagian-bagian krusial pada sebuah motor.

"Kalo sekarang udah banyak banget beredar motor yang lebih jauh dari konsepnya standar di jalan. Kalau saya biasanya sih pakailah spion pakai sen," pungkasnya. (Ikh).

Baca juga artikel Miliki Motor Custom Berkualitas Di Bimo Custombikes

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH