Mau melancong di 2020? Masukan Lima Destinasi ini di Daftar Kamu Buatlah destinasi wisata berbeda untuk tahun depan. (Foto: instagram@amazing_bhutan)

SEBELUM masuk 2020, pakailah sisa tahun 2019 untuk merencanakan liburan impian kamu, daripada terburu-buru memesan perjalanan libur panjang di saat-saat terakhir.

Laman channenewsasia memberikan rekomendasi liburan yang tidak biasa. Seperti ibu kota India kuno Hampi yang spektakuler, Situs Warisan Dunia UNESCO, tempat reruntuhan yang dipelihara dengan indah membawa sejarah ke kehidupan masa silam. Atau menikmati festival budaya yang dinamis di Bhutan, negara paling bahagia di dunia.

Baca Juga:

Cara Konyol untuk Menghemat Biaya Bagasi, Mau Coba?



Jelajahi Eksotisme India

destinasi
Hampi, adalah situs Warisan Dunia UNESCO. (Foto: instagram@travellove_india)

Menjauh dari daerah turis Golden Triangle circuit di Delhi, Agra, dan Jaipur untuk menjelajahi Deccan Plateau yang menakjubkan, yang membentang di barat dan selatan India, di mana terdapat sistem gua tersembunyi dan ibukota kuno untuk dijelajahi.

Hampi, adalah situs Warisan Dunia UNESCO, yang pernah menjadi ibu kota Kekaisaran Vijayanagar, salah satu kerajaan Hindu paling penting dalam sejarah. Tersebar melalui situs adalah reruntuhan candi raksasa, istana mewah dan bahkan istal gajah. Jangan lupakan Kuil Vittala abad ke-15, salah satu peninggalan paling mewah di situs ini.

Jangan lewatkan Ellora Caves yang keren, salah satu komplek kuil batu terbesar di dunia, yang disakralkan oleh agama Hindu, Budha, dan Jain. Ukiran dan lukisan yang ada di dalam kuil dan biara ini adalah permata budaya yang tidak boleh dilewatkan.

Selama di Hyderabad, cobalah ke kota tua dan kunjungi Masjid Mekah, yang selesai pada 1694 dan dapat menampung lebih dari 10.000 orang sekaligus.

Kamu bisa juga bersantai ke salah satu resor pantai mewah Goa, di tengah-tengah keindahan pantai pasirnya putihnya. Jika kamu bisa mengatur waktu perjalanan dengan benar, kamu juga dapat menghadiri Karnaval Goa tahunan (22-25 Februari) yang sudah dirayakan sejak abad ke-18. Prosesi yang ramai ini mempertontonkan royalti lokal serta penari dan penyanyi.

Melihat Peradaban Kuno Manusia di Iran

destinasi
Iran menjadi pusat peradaban manusia sejak zaman Persia. (Foto: instagram@irantravelx)


Iran yang sangat kental dengan mistis, jantung peradaban Persia, adalah salah satu negara yang paling menarik untuk dikunjungi di zaman modern. Masuk lebih dalam ke budaya dan tradisinya yang menarik dengan menginap di Persepolis, ibukota upacara Persia kuno, dengan reruntuhan yang menampilkan gaya arsitektur Achaemenid.

Kunjungi Benteng Rayen, yang berasal dari abad ke-5 M, untuk menjelajahi kota bata-lumpur yang sepi yang tetap luar biasa sampai sekarang. Di ibukota Teheran, Museum Nasional Arkeologi terdapat koleksi artefak yang memukau dan berlian merah muda terbesar di dunia.

Jika kamu mengambil jalan yang jarang dilewati orang, datangi Iran Barat Laut untuk melihat beberapa situs bersejarah paling terpencil di negara itu. Kuil cermin Imamzadeh Saleh yang fotogenik akan memukau dengan ubin cermin bercorak rumit, sedangkan pusat budaya Hamedan adalah situs makam budaya kondang seperti dokter Avicenna dan penyair Baba Taher berada.

Bagi kamu yang senang dengan sejarah pasti akan senang tinggal di Kandovan, yang konon merupakan situs Taman Gantung Babilon. Menginap di Laleh Kandovan International Rocky Hotel, menampilkan kamar-kamar yang terbelah menjadi batu - cara penduduk lokal yang sudah hidup berabad-abad.


Baca Juga:

Ganti Paspor Biasa ke E-Paspor, ini Tipsnya


Larut dalam Tradisi di Bhutan

destinasi
Thimphu di malam hari. (Foto: instagram@amazing_bhutan)

Kerajaan kecil Himalaya belakangan sudah menjadi incaran para pelancong, tetapi masih ada banyak cara lain untuk mengalaminya dengan cara berbeda. Diawal, datangi festival yang ramai dan penuh warna untuk mendapatkan pengalaman tentang bagaimana negara yang sangat tradisional ini menjaga praktik tradisional.

Yang paling menarik adalah Punakha Drubchen (2-4 Maret), yang berlangsung di bulan pertama tahun lunar, merayakan kemenangan negara itu dari invasi Tibet abad ke-17. Mereka memerankan kembali perang melalui serangkaian tarian dan prosesi, sambil mengenakan pakaian berwarna-warni.

Lalu, nikmati Festival Tshechu Punakha (5-7 Maret), yang menghormati Padmasambhawa, yogi-santo yang konon telah memperkenalkan agama Buddha Tantra ke wilayah tersebut. Tarian ini dilakukan oleh para biksu yang mengenakan topeng eksotik dan pakaian brokat, melakukan nyanyian dan pembacaan naskah Buddha.

Pakailah waktu kamu untuk menikmati jalan-jalan santai di sawah-sawah hijau Bhutan yang terkenal, sungai kecil dan gunung-gunung berhutan yang indah untuk melihat keindahan alam dan menjadikannya negara yang paling bahagia di dunia.

Melihat Surealisme di Chili dan Bolivia

destinasi
Dua negara sekaligus dapat dimasukan dalam daftar traveling. (Foto: instagram@voyviajanding)


Jika kamu akan melakukan perjalanan keliling dunia ke Amerika Selatan, coba mampir ke dua negara sekaligus dari daftar. Hanyutkan diri kamu dalam lanskap dataran tinggi yang ada di benua ini dengan perjalanan melalui dataran gurun Atacama Chile yang luas dan dataran garam putih Salar de Uyuni di Bolivia

Atacama, gurun terkering di dunia, dengan lanskap tandusnya yang dipahat menjadi bentuk-bentuk surealis selama ribuan tahun. Di Valley of the Moon, yang tidak pernah hujan selama lebih dari seabad, Kamu mungkin merasa seperti berjalan-jalan melintasi bukit pasir dan formasi batuan. Pada malam hari, pastikan untuk mengamati bintang - tidak ada tempat yang lebih baik di planet ini untuk merenungkan bentangan luas alam semesta dan melihat berbagai rasi bintang di Bima Sakti.

Lalu, menyeberangi perbatasan ke Altiplano Selatan Bolivia di mana ada laguna berpenghuni flamingo multi-warna. Di Salar de Uyuni yang terkenal, kamu akan menyadari mengapa daerah ini disebut sebagai cermin terbesar di dunia. Selama musim hujan, hujan mengubah hamparan dataran garam menjadi permukaan reflektif raksasa di mana kamu dapat mengambil beberapa foto keren. (lgi)

Baca Juga:

Pulau Leebong di Belitung Siap Gelar Event Sekelas Tomorrowland



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH