Mau Liburan di  Bali? Ini Tipsnya Salah satu pura di Bali (Sumber: Pixabay/DEZALB)

BUKAN rahasia lagi kalau Bali adalah salah satu destinasi favorit di dunia. Dengan pantainya yang berbintik-bintik karang, hamparan sawah hijau dan laut biru indah, Bali telah lama menjadi surga bagi pelancong mancanegara.

Nah dilansir dari situs roughguides.com, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat melakukan liburan di Bali. Mungkin saja dapat membantu memaksimalkan waktu kunjunganmu di Pulau Dewata.

1. Jangan salah pilih tempat

Bali dikenal sebagai tempat surfing (Suber: Pixabay/Kanenori)
Bali dikenal sebagai tempat surfing (Suber: Pixabay/Kanenori)

Bali dikenal sebagai salah satu tempat berselancar terbaik di dunia. Cobalah pergi ke barat. Karena di sana ada beberapa pantai yang sangat terkenal dengan ombak besarnya seperti Canggu dan Kuta. Kamu juga bisa belajar berselancar di kelas harian untuk pemula di Rip Curl Surf School di Legian.

Sementara bagi kamu yang ingin melihat perairan tenang bisa berkunjung ke timur. Di sana pantai-pantainya sangat cocok untuk melakukan scuba diving dan snorkeling. Jangan khawatir tidak punya alatnya, karena ada banyak yang menyewakannya.

2. Jangan lewatkan Gili

Gili Trawangan (Sumber: Pixabay/Sukhmani10)
Gili Trawangan (Sumber: Pixabay/Sukhmani10)

Tiga Kepulauan Gili terletak di lepas pantai barat Lombok. Meski demikian jaraknya cukup dekat dengan Bali hanya dua jam kurang naik. Ketiga itu yakni Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno. Meski tahun lalu sempat dilanda gempa, ketiga Gili tersebut sudah kembali layak dikunjungi.

Sewalah sepeda dan berjalan di sekitar garis pantai putih yang menakjubkan. Kamu juga bisa menyelam dan berenang bersama ikan dan penyu. Bagi yang ingin menginap di sana ada beberapa resort untuk dipilih.

3. Perhatikan waktu kunjungan

Tradisi yang dilakukan masyarakat Bali (Sumber: Pixabay/alitdesign)
Tradisi yang dilakukan masyarakat Bali (Sumber: Pixabay/alitdesign)

Setiap saat Bali memang selalu ramai wisatawan. Tapi lebih seru lagi kalau kamu tahu jadwal-jadwal pertunjukan adat. Misalnya yang akan berlangsung sebentar lagi di Bali. Rencananya akan ada pawai ogoh-ogoh di Nusa Penida tanggal 1 sampai 3 Maret.

Kamu juga bisa menikmati tarian tradisional di Uluwatu, Ujung Semenanjung Bukit bagian selatan. Oh iya, kalau kamu pergi ke sana menggunakan moped, kamu harus ingat rute untuk pulang. Karena saat malam jalan yang akan dilewati cukup gelap.

4. Ingin sehat? pergi ke Ubud

Salah satu pura di Ubud (Sumber: Pixabay/Mariamichelle)
Salah satu pura di Ubud (Sumber: Pixabay/Mariamichelle)

Ubud adalah pusat budaya tradisional Bali. Tapi kini Ubud diburu oleh penggian kesehatan untuk melakukan yoga. Apalagi sejak keindahan tempat ini ditampilkan pada fim Eat, Pray, Love. Di sana juga banyak kelas yoga yang bisa kamu ikuti.

Luangkan waktu untuk berjalan-jalan di sawah-sawah yang terkenal. Jangan lupa pula mengunjungi Monkey Forest. Ingat jaga barang bawaanmu karena bisa saja kera-kera di sana iseng dan merampas barang bawaanmu. di Ubud juga bisa melakukan rafting atau menonton tari Kecak.



Muchammad Yani