Headline

Mau Jadi Wirausahawan? Ini Tips Jitu versi Ketua INTI

Eddy FloEddy Flo - Senin, 26 Februari 2018
Mau Jadi Wirausahawan? Ini Tips Jitu versi Ketua INTI
Ramah tamah dan diskusi pengurus Perhimpunan INTI, di Hotel Novotel Mangga Dua Square, Jakarta Utara, Kamis (9/11). (MP/Asropih Opih)

MerahPutih.Com - Sebetulnya tidak sulit menjadi seorang wirausahawan. Semua orang memiliki kemampuan yang sama. Cuma ada dua hal yang menurut Ketua Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Malang, Jawa Timur menjadi kunci sukses seorang wirausahawan.

Bagi Agus Endra hanya diperlukan keuletan dan ketelatenan untuk bisa menjadi wirausahawan.

"Kedua hal tersebut sudah menjadi hal yang wajib dimiliki seorang wirausahawan. Dan, khusus bagi mahasiswa, bidang usaha yang paling tepat adalah yang berhubungan dengan teknologi karena memiliki peluang yang besar untuk berkembang," kata Agus Endra dalam acara Training of Trainer Dosen Karir dan Kewirausahaan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di Rusunawa UMM, Senin (26/2) .

Dalam pandangan Agus Endra, kewirausahaan yang berhubungan dengan teknologi akan menjadi usaha yang berkelanjutan dan berpotensi bisa berkembang pesat, serta menjanjikan .

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang II Dr Nazaruddin Malik menyampaikan pengajaran kewirausahaan yang paling sulit adalah menumbuhkan kepekaan pada potensi usaha yang dapat dibangun. "Mengajar kewirausahaan itu yang paling sulit membangun jiwa kewirausahaannya sendiri," katanya.

Untuk mengasah kepekaan ini, katanya, UMM terus berupaya untuk membangun lingkungan sosial yang dapat membentuk semangat kewirausahaan bagi semua civitas akademika. Selain itu, juga berusaha membangun lingkungan sosial yang memberikan ruang berekspresi dan menuangkan ide-ide bagi seluruh elemen universitas.

Rektor UMM Fauzan sebagaimana dilansir Antara menambahkan membangun jiwa kewirausahaan merupakan sejarah baru bagi UMM untuk menghadapi era millenial. Karena itu, peserta yang merupakan dosen perwakilan dari seluruh program studi yang mengikuti acara ini agar mengintergrasikan perkembangan isu-isu terbaru dalam kegiatan belajar mengajar.

"Perubahan cara pandang dalam mengajar harus dilaksanakan secara optimal untuk meningkatkan kualitas hasil belajar mahasiswa, termasuk ketika mereka lulus nanti. Dengan bekal yang memadai, lulusan UMM akan mampu bersaing di era global seperti sekarang ini," ucapnya.

Sedangkan Wakil Rektor Bidang I Prof Syamsul Arifin menyatakan UMM saat ini berada di posisi yang ideal untuk mengembangkan model pembelajaran yang futuristik sebagai upaya pembentukan profil lulusan yang berkualitas dan salah satunya dapat dilakukan dengan pembentukan jiwa kewirausahaan.

"Saat ini, perkembangan UMM menuntut kita untuk membentuk profil lulusan yang berkualitas dan memiliki kemampuan sesuai dengan perkembangan zaman, khususnya teknologi yang perkembangannya sangat pesat," ujarnya.

Dalam kegiatan Trainig of Trainer (TOT) tersebut, peserta dibekali beberapa materi antara lain perkembangan bentuk kewirausahaan di era digital. Usai pelaksaan training, akan dibuka Kelas Khusus Karir dan Kewirausahaan bagi mahasiswa semester akhir yang ditempuh dan diselesaikan dalam beberapa pertemuan dengan harapan semua lulusan UMM siap menjadi wirausahawan.(*)

#Wirausahawan #Wirausaha #Perhimpunan Indonesia Tionghoa #Ketua INTI
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan