Mau iPhone? Gampang! iPhone 11 Pro Max, model terbaru iPhone saat ini. (Foto: Pixabay/Mylene2401)

TAHUN berganti berarti mengganti sesuatu dengan yang baru merupakan sesuatu yang dianggap sebagian orang adalah sebuah hal yang penting. Salah satu diantaranya adalah mengganti ponsel.

Salah satu brand ponsel pintar yang didambakan banyak orang adalah iPhone. Brand ini memiliki keunggulan seperti tampilan user interface-nya yang cenderung simple dan anti ribet. Hanya saja harga yang lumayan menguras kocek menjadi pertimbangan tertentu.

Baca Juga:

Face ID Tak Ada Lagi pada iPhone?

Ambil contohnya iPhone 11 yang dirilis Desember di Indonesia 2019 lalu, memiliki kisaran harga mulai dari Rp13 juta versi terendah hingga Rp27 juta versi tertingginya. Jangan khawatir. Dirangkum dari berbagai sumber ini beberapa tips yang bisa kamu pakai untuk dapatkan produk iPhone favorit.


1. Second hand

ponsel
Carilah iPhone bekas dalam kondisi prima. (Foto: Unsplash/Tyler Lastovich)


Melansir dari laman Quora, kelebihan iPhone memiliki kelebihan pada masa pemakaian dan kestabilan sistem operasi. Walaupun ponsel ini memiliki umur lebih dari setahun tetapi iPhone dinilai tidak pernah mengalami kendala. Hanya saja kamu harus mencari unit bekas yang masih dalam kondisi prima. Biasanya harga yang ditawarkan cukup kompetitif dibanding harga barunya.


2. Pakai seri lama

ponsel
Tak ada salahnya pakai seri lama. (Foto: Unsplash/Neil Soni)

Harganya iPhone sebanding dengan teknologi dan kinerja yang ditanamkan di dalamnya. Jika seri terbaru belum dapat tergapai, sebaiknya mencari seri-seri sebelumnya yang tidak tertinggal jauh dari sisi teknologinya. Tentunya unit lama itu harus dalam kondisi yang baik.


Baca Juga:

iPhone 12, Dilengkapi 4 Kamera dan Konektivitas 5G?


3. Lakukan riset

duit
Lakukan riset harga dan sesuaikan dengan bujet kamu. (Foto: Pexels/Pixabay)


Memang membutuhkan tenaga dan waktu untuk meriset seri-seri sebelumnya, seperti melakukan perbandingan. Menurut sebagian orang, menganggap peluncuran iPhone terbaru menjadi momen yang tepat untuk membeli iPhone generasi sebelumnya. Melansir laman Iprice Group, sebaiknya melakukan rise harga iPhone terutama untuk model yang lebih dahulu diluncurkan seperti Iphone 7, 8, X dan XS. Tujuannya untuk menemukan pola penurunan harga Iphone sejak pertama kali dirilis, 6 bulan setelah dirilis, dan 12 bulan sejak dirilis. Untuk mendapat Iphone dengan harga 50% lebih murah dari harga aslinya, kita harus menunggu 3 tahun sejak pertama rilis. Penurunan ini didukung data bahwa iPhone 7 harganya menurun 55% sejak pertama kali dirilis. Harga iPhone juga akan menurun 6 bulan setelah rilis kurang lebih 5%. Sementara rata-rata harga iPhone menurun sekitar 16% dari harganya sejak 12 bulan dari rilis pertama kali. (Nic)

Baca Juga:

Android Kini Punya Fitur Mirip iPhone



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH