Mau Hidangan Lele Lezat? Ini Aturan ketika Kamu Membelinya Pasar ikan. (Foto: Pixabay/jarmoluk)

LELE merupakan ikan budidaya air populer di Indonesia. Ada juga ikan lele liar di rawa-rawa atau sungai dengan tekstur lebih kenyal. Tetapi, lele sawah ini saat ini sudah sangat sulit ditemukan.

Salah satu rahasia agar hidangan berbahan dasar lele menjadi lezat dan tekstur dagingnya lebih lembut adalah terletak pada pemilihan ikan yang segar.

"Biasanya pilih ikan segar kelihatan dari mata masih bening, insang masih merah. Kalau lele tidak, pilih yang hidup karena berpengaruh ke daging," kata Executive Chef Ichiban Sushi Herdian di Jakarta, seperti dikutip Antara.

Ikan lele. (Foto: Pixabay/DEZALB)
Ikan lele yang dijadikan berbagai pilihan menu. (Foto: Pixabay/DEZALB)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Perjalanan Low Budget Kini Lebih Mudah, Bisa ke Mana pun Kamu Mau

Menurut Herdian, dari berbagai jenis lele, dia memilih lele dari jenis sangkuriang karena lebih cepat besar saat dibudidaya dan memiliki tekstur daging yang lembut, mirip unagi atau ikan sidat Jepang.

Jenis lele ini dia gunakan dalam menu Namazu Kabayaki di restoran tempatnya bekerja. Namazu yang berarti ikan lele, diolah menggunakan teknik memasak kabayaki, yakni ikan dibelah menjadi dua lalu dibersihkan tulang-tulang dan isi perutnya.

Ikan lele. (Foto: Pixabay/sarangib)
Ikan lele. (Foto: Pixabay/sarangib)

Selanjutnya ikan ditusuk menggunakan tusukan bambu atau besi, kemudian dipangggang dan dibumbui beberapa kali.

"(Daging di) fillet. Proses masak awalnya celup saus, dibakar, masuk saus, bakar 3-4 kali supaya meresap bumbunya. Setiap kali proses panggang selama tiga menit," ujar Herdian. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Menikmati Little Edo di Prefektur Saitama Jepang

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH