Wisata Indonesia

Mau Healing? Coba Liburan ke Desa Wisata

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Senin, 03 Januari 2022
Mau Healing? Coba Liburan ke Desa Wisata
Desa wisata juga punya daya tarik yang tidak terlupakan. (Foto: Unsplash/Idris R)

DESA wisata punya daya tarik tersendiri untuk dijadikan tempat liburan atau healing bersama teman-teman. Di saat yang bersamaan, pemerintah juga sedang mempromosikan berbagai desa wisata di Indonesia sebagai destinasi liburan.

Desa wisata memiliki potensi dalam memperluas lapangan pekerjaan dan membangkitkan perekonomian Indonesia. Mengutip laman ANTARA, Minggu (2/1), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menuntaskan kunjungan ke-50 desa wisata di Indonesia dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Ia meyakini desa-desa tersebut akan berkontribusi dalam membangun Indonesia kelak.

Desa wisata yang bisa kamu kunjungi salah satunya Tetebatu, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, tepatnya berada di Kawasan lembah gunung Rinjani. Suasananya sejuk dan menyenangkan, bahkan tempat ini dijuluki Ubudnya Lombok. Pengunjung bisa jalan-jalan santai di sekitar kaki Gunung Rinjani dan pemandangan Gunung Sangkareang.

Baca juga:

5 Desa Wisata Primadona di Yogyakarta

Mau Healing? Liburan ke Desa Wisata Yuk
Desa Tetebatu di Lombok Timur. (Foto: Instagram/apkasi)

Di sana juga ada air terjun Sarang Walet atau Bat Cave yang bisa ditempuk dengan cara berjalan kaki selama 15 menit. Kamu juga bisa berkunjung ke Hutan Monyet dengan melihat monyet hitam endemik asli Tetebatu.

Rekomendasi desa wisata yang kedua ada Wae Rebo, Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Desa yang disebut surga di atas awan ini memiliki tujuh rumah adat yang menjadi ikon dari Wae Rebo, yakni Mbrau Niang yang berbentuk kerucut.

Hamparan rumput hijau yang dikelilingi pegunungan lengkap dengan kabut juga menjadi pesona desa, sehingga memberikan nuansa yang tenang, santai, dan sejahtera. UNESCO pun memberikan pengakuan sebagai warisan budaya dunia pada Agustus 2012 lalu.

Selain itu, kamu juga bisa pergi ke desa wisata Nglanggeran, Gunung Kidul, Yogyakarta yang sempat dinobatkan sebagai Desa Wisata Terbaik Dunia 2021 oleh UNESCO. Terdapat puluhan homestay untuk menginap dan memberikan kesan yang seru saat tinggal di pedesaan. Pengunjung dapat belajar aneka hal mulai dari flora dan fauna, mengolah cokelat jadi oleh-oleh khas, hingga membatik.

Baca juga:

11 Desa Wisata di Indonesia Tujuan Plesir Asyik, Nomor 2 Unik

Mau Healing? Liburan ke Desa Wisata Yuk
Rumah adat di desa Wae Rebo. (Foto: Instagram/farahfatatyhasib)

Masih di Pulau Jawa, ada juga desa wisata Tamansari, Banyuwangi, Jawa Timur. Pengunjung dapat mengunjungi Kawah Ijen yang memiliki api biru memikat, kolam air Sendang Seruni yang sumbernya dari mata air pegunungan, hingga kampung bunga. Desa ini juga menawarkan wisata edukasi peternakan sapi perah hingga lebah madu.

Yang terakhir, kamu bisa pergi ke desa wisata Lembang Nonongan, Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Kuliner di sana wajib kamu cicipi, seperti kue Depatori yang berasal dari tepung beras lalul dicampur dengan gula merah, serta Pa’piong berupa olahan makanan seperti ayam, ikan, maupun daging yang dimasak menggunakan bambu.

Pengunjung juga bisa melihat ragam kain tenun, hiasan manik-manik, hingga Tongkonan Nonongan yang merupakan rumah adat tertua serta memiliki nilai sejarah yang tinggi. (and)

Baca juga:

Global Green Destinations Days, Memasukan 4 Desa Wisata di Indonesia dalam Programnya

#Wisata Indonesia #Pariwisata Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan