Mau Hadiri Reuni 212? Bawa Alat Kebersihan Peserta aksi damai 212 di Jakarta menunaikan ibadah shalat Jum’at dengan khidmat dan tertib (MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Presidium Alumni 212 berencana menggelar kegiatan reuni akbar 212 di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu (2/12).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pun saat ini menyiapkan berbagai cara untuk mengantisipasi acara reuni 212, salah satunya mengenai persoalan sampah.

Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan akan menyiagakan beberapa fasilitas penunjang acara reuni 212 dalam menjaga kebersihan. Diantaranya mengerahkan 300 petugas kebersihan dan road sweeper.

"Kita lihat situasi. Bisa 300-an personil berikut truk sampah, gerobak motor, road sweeper serta karung karung," kata Isnawa saat dikonfirmasi, Jumat (23/11).

Lebih lanjut, Isnawa pun mengimbau kepada massa aksi reuni 212 secara mandiri membawa perlengkapan kebersihan agar monumen kebanggan orang Indonesia itu terjaga dari sampah. "Saya himbau peserta bisa secara mandiri bawa perlengkapan kebersihan dimasing-masing kelompok," tuturnya.

Ribuan massa aksi damai 212 jilid II memadati gerbang gedung DPR/MPR di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (21/02) (MP/Derry Ridwansyah)

Seperti diketahui, pihak kepolisian menyatakan sejatinya sesuai Pergub Nomor 12 Tahun 2016 tentang HBKB, yang boleh melakukan aktivitas di CFD adalah mereka yang bersifat olahraga. Karena pada saat kegiatan berlangsung berbarengan dengan HBKB.

"Itu yang bisa dipaksakan hari bebas kendaraan bermotor itu adalah yang berkaitan dengan olahraga," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Roma Hutajulu.

Namun demikian, mantan Kasubdit III Dittipideksus Bareskrim Polri ini menuturkan, boleh atau tidaknya massa reuni 212 di CFD, kata Roma, bisa ditanyakan langsung kepada Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta.

"Itu acara hari Minggu juga nanti ada pelaksanaan car free day juga karena tetap jalan. Itu enggak bisa tapi lebih tepatnya ditanyakan kepada Dishub," ungkapnya. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH